Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

News Apps

Cara Jitu Bawa Brand Lokal ke Pasar Internasional

byIqbal Marsyaf - editorDenny Mahardy Aug 6, 2022

Technologue.id, Jakarta - Glokalisasi adalah strategi sebuah perusahaan memasuki pasar baru dengan memodifikasi sedikit produk atau layanannya agar relevan dengan konsumen setempat.

Sekaligus menyesuaikan diri dengan budaya dan hukum yang berlaku di pasar tersebut agar produk global tersebut diterima oleh konsumen lokal.

Nah untuk menembus pasar global, ada sejumlah strategi yang pemilik usaha bisa lakukan. Di antaranya:

Baca juga:
Lewat Kanal Kreasi Nusantara, Shopee Gencar Dorong UMKM Go Ekspor

Pilih target pasar dan tentukan strategi untuk menjangkaunya
Produk yang baik perlu menargetkan pangsa pasar yang tepat. Hal ini akan memudahkan eksekusi strategi pemasaran yang ada serta memastikan penggunaan sumber daya yang dimiliki seperti waktu, biaya, dan tenaga menjadi lebih efisien.

Selain itu, brand juga perlu mengikuti acara yang sesuai dengan segmentasi pasar. Seperti jika produk kita ingin dikenal oleh segmen anak muda, brand bisa berpartisipasi dalam acara konser musik, pameran, atau acara networking lainnya.

Membangun hubungan baik dengan pelanggan
Pelanggan merupakan jantung dari brand, sehingga dibutuhkan upaya untuk membangun ikatan yang baik dengan pelanggan, terutama dalam mendengar dan menanggapi masukan dari mereka.

#Ecommerce #UMKMGoDigital #Ekspor #UMKMLokal

Prev Next Page 1 of 3

Baca Juga