Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Amazon Memberhentikan 9.000 Karyawan Lagi, AWS dan Twitch Juga Terdampak
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Amazon telah mengirimkan memo kepada para karyawannya, CEO Andy Jassy, bahwa sebanyak 9.000 karyawan akan dipecat pada Senin. Karyawan yang akan terkena pemutusan hubungan kerja meliputi mereka yang bekerja di AWS, Twitch, periklanan, dan sumber daya manusia.

Ekonomi yang tidak pasti menjadi alasan utama dari pemotongan tersebut, demikian seperti yang dikutip oleh Jassy dalam memo yang dikirimkan kepada karyawan. Amazon telah melakukan PHK terhadap total 18.000 orang di seluruh perusahaan akhir tahun lalu dan pada bulan Januari, termasuk pekerja di perangkat keras dan layanan, sumber daya manusia, dan tim ritel.

Baca Juga:
Twitch Pecat 400 Karyawan Demi Mempertahankan Bisnis

Dalam memotivasi pemutusan hubungan kerja tersebut, Jassy menulis dalam memo itu bahwa prinsip utama dari perencanaan tahunan Amazon tahun ini adalah menjadi lebih ramping sambil tetap berinvestasi dalam pengalaman pelanggan jangka panjang. Ia menambahkan bahwa Amazon percaya investasi tersebut dapat meningkatkan kehidupan pelanggan dan Amazon secara bermakna secara keseluruhan.

Pemutusan hubungan kerja ini terjadi hanya beberapa hari setelah CEO Twitch, Emmett Shear mengundurkan diri dari posisinya. Meskipun tidak jelas apakah ini terkait dengan PHK, Shear tetap akan berada di perusahaan sebagai penasihat.

Lebih dari 400 orang terdampak oleh pemutusan hubungan kerja tersebut, menurut posting blog dari CEO Dan Clancy. Beberapa perubahan dalam cara membagi pendapatan dengan streamer telah membuat beberapa orang merasa frustrasi, sementara beberapa streamer teratas platform telah beralih ke saingan streaming game seperti YouTube.

Sebagaimana banyak perusahaan lainnya, bisnis Amazon juga telah dipengaruhi oleh lingkungan ekonomi saat ini, dan pertumbuhan pengguna dan pendapatan tidak sejalan dengan ekspektasi mereka.

Baca Juga:
Amazon Pecat Massal Karyawan

Menurut Clancy, untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan, Amazon telah membuat keputusan yang sangat sulit untuk mengecilkan ukuran tenaga kerja mereka. Ketika ditanyakan tentang hal ini, juru bicara Twitch, Samantha Faught, menolak berkomentar dan mengarahkan kami ke postingan blog Clancy.

Jassy menjelaskan bahwa perusahaan tidak mengumumkan semua PHK sekaligus karena beberapa tim tidak menyelesaikan analisis internal mereka secara bersamaan. Namun, penilaian ini dapat mengarah pada reprioritas pekerjaan, catat Jassy, ​​dan perusahaan tidak ingin "terburu-buru".

Amazon berharap dapat membuat keputusan ini pada pertengahan hingga akhir April dan memberi tahu karyawan dari sana. Karyawan yang terkena dampak akan menerima uang pesangon, asuransi kesehatan transisi, dan dukungan penempatan kerja eksternal.

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6