Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Amazon Web Service Hadirkan Program Laptop For Builders Untuk Pelajar
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Platform cloud computing Amazon Web Service (AWS) menyelenggarakan AWS Cloud Innovation Day 2023 di MAN 1 Yogyakarta pada Selasa (14/2). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian upaya AWS untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, dengan fokus pada program lokal khusus Indonesia, Laptop for Builders.

Andrew Sklar, Director of AWS Training and Certification Asia Pacific and Japan mengatakan bahwa telah memulai perjalanan ini dengan Indonesia, dua tahun lalu di tahun 2020 saat pandemi COVID-19. Bersama timnya, Sklar berbicara tentang apa yang dapat mereka lakukan untuk mendorong pembelajaran dan memberikan peluang keterampilan teknologi bagi siswa di Indonesia.

"Dan program ini adalah hasil dari brainstorming yang sangat panjang dan keyakinan mendalam akan kebutuhan untuk mendorong pendidikan keterampilan guna mendukung masyarakat untuk mengangkat kehidupan mereka, menemukan pekerjaan yang mereka inginkan, mempelajari keterampilan baru yang sebelumnya tidak dapat diakses, dan hal-hal yang bahkan belum pernah dimulai,” jelasnya dalam sambutannya.

Baca Juga:
AWS Sediakan Layanan Pelatihan dan Konsultasi Blockchain

Laptops for Builders adalah program gratis yang menyediakan kursus desain web dan dasar-dasar cloud dalam Bahasa Indonesia. AWS melatih pengajar lokal untuk memberikan program pembelajaran cloud ini dan kemudian mendonasikan laptop untuk mendukung infrastruktur pembelajaran. Setelah itu, para pengajar ini akan mendistribusikan materi pelatihan dan laptop ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Pelatihan Laptop for Builders oleh AWS di MAN 1 Yogyakarta

AWS bermitra dengan Yayasan Sagasitas, Nahdatul Ulama, dan berbagai sekolah SMA dan SMK di Yogyakarta untuk melatih siswa dan guru. Pelatihan yang diberikan adalah pengenalan cloud computing untuk siswa SMA, siswa SMK, siswa SMA Islam dan siswa difabel. Siswa akan dilatih dalam desain web, pengembangan konten, dan dasar-dasar cloud computing dan AWS.

“Program ini adalah contoh utama bagaimana AWS bermitra dengan komunitas lokal untuk mendukung peluang Keterampilan dan pendidikan untuk generasi ini dan berikutnya,” ungkap Andrew.

Ruang Cahaya N2Ba Juara 1 dan Best Desain Cloud Computing Club Competition

Baca Juga:
AWS Gagas Program Pengembangan Talenta Digital Indonesiaku AWSome

Selain itu, AWS menyelenggarakan kompetisi untuk mendorong siswa agar terus mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan mereka. AWS mengadakan kompetisi Cloud Computing Club dengan kategori Anak Berkebutuhan Khusus, berikut adalah nama-nama peraih penghargaan :

Best Desain

Ruang Cahaya N2Ba - SLB N2 Bantul

Anggota : 

  • Aurel Lintang Rizki Ardetya
  • Muhammad Ghifari Saefulloh Al Aziz
  • Winahyu Nisa Puspitanungrum

Juara 3

Team RIKYA - SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

  • Nafia Isnaini Amalia
  • Micky Ardha Julanda
  • Rita Ayu Sahrani

Juara 2 

NESAGEKA FITNESS KLUB - SLB Negeri 1 Gunungkidul

  • Randyska Sa'bandrian
  • Wahyu Armelda
  • Andang Dicky Rahmadhi

Juara 1

Ruang Cahaya N2Ba - SLB N2 Bantul

  • Aurel Lintang Rizki Ardetya
  • Muhammad Ghifari Saefulloh Al Aziz
  • Winahyu Nisa Puspitanungrum

Untuk tahun 2023, Laptop for Builders akan terus melatih ribuan siswa difabel, sekolah kejuruan, dan guru di DI Yogyakarta dan di seluruh Indonesia. Selain program Laptop for Builders yang terus berjalan untuk SMU, SMK, dan Madrasah Aliyah, AWS akan memperluas jangkauannya untuk melatih anak-anak berkebutuhan khusus di sejumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jawa Barat dan Bali, serta anggota Pramuka di Bali, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?