Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ambisi Tiongkok Kuasai Industri Chip Semikonduktor Dunia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tiongkok tengah menghadapi lanskap yang menantang namun menjanjikan di pasar chip memori bandwidth tinggi (HBM) dan industri semikonduktor yang lebih luas. Hal ini terjadi karena didorong oleh melonjaknya permintaan chip secara global dan ekspansi strategis.

Seperti diketahui, chip memori bandwidth tinggi mengalami lonjakan permintaan yang signifikan, karena didorong peran pentingnya dalam aplikasi AI dalam pusat data. Meningkatnya permintaan ini diharapkan berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan sekitar 80% di pasar chip memori global tahun 2024 yang mulai bangkit dari titik terendah di tahun sebelumnya.

Baca Juga:
Permintaan Chip AI Tinggi Bikin Valuasi Pasar Nvidia Meroket

Pemain kunci yang memimpin pasar ini adalah SK Hynix yang menguasai 50% pangsa pasar global. Kemudian diikuti oleh Samsung Electronics dan Micron Technology yang berbasis di AS.

Posisi dan Tantangan Tiongkok

Tiongkok menyumbang 30-35% konsumsi memori secara global. Namun, negara ini menghadapi tantangan besar dalam memproduksi chip memori kelas atas karena keterbatasan rantai pasokan semikonduktornya.

Saat ini, kemampuan produksi chip di Tiongkok lebih cocok untuk solusi memori kelas menengah dan bawah. Akibatnya, seiring dengan berkembangnya ekosistem AI, Tiongkok akan semakin bergantung pada impor, terutama dari produsen chip memori Korea.

Terlepas dari tantangan-tantangan ini, Tiongkok secara aktif berupaya memperkuat posisinya di pasar HBM. ChangXin Memory Technologies (CXMT) mewakili harapan utama Tiongkok untuk produksi HBM dalam negeri. CXMT, bekerja sama dengan TongFu Microelectronics dan tengah mengembangkan sampel HBM, meskipun mungkin diperlukan waktu hingga empat tahun agar produk ini dapat mencapai pasar.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat