Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Gadget New Product News Latest News Technology

AMD Ryzen 7000 Bakal Tembus 7 Ghz

byZulfi Apriani - editorDenny Mahardy May 24, 2022

Technologue.id, Jakarta - Pada ajang Computex 2022, AMD, mengumumkan prosesor terbarunya yang akan rilis yakni Ryzen 7000. Prosesor ini digadang-gadang akan mampu menembus batas kecepatan hingga 5 GHz.

Sebagai informasi, Ryzen 7000 pertama diperkenalkan ke publik pada Januari lalu. Lantas, bagaimana detail produk baru AMD tersebut?

Ryzen 7000 dibuat dengan menggunakan proses 5nm dan menggunakan platform motherboard AM5 yang mendukung DDR5 serta PCIe 5.0.

Selain itu, AMD juga menjanjikan bahwa prosesor baru tersebut akan memiliki clock speed atau kecepatan di atas 5GHz. Menurut AMD , prosesor ini akan menjadi prosesor desktop pertama yang bisa melakukan hal tersebut.

Baca Juga:
Oppo Pad Air Meluncur di China dengan Layar LCD 2K

Dalam presentasinya di Computex 2022, AMD memamerkan sistem kerja prosesor Ryzen 7000 yang kecepatan 5,5GHz saat dipakai untuk memainkan Ghostwire.

Apa yang dilakukan oleh AMD ini juga agaknya dilakukan oleh Intel. Keduanya diketahui sudah memiliki prosesor laptop dengan kecepatan turbo yakni menembus 5 GHz.

Namun sayangnya, performa prosesor yang baru terlihat agak lambat saat beroperasi apalagi jika dibandingkan prosesor desktop yang kecepatannya lebih rendah.

Selain kecepatan di atas 5 GHz, Zen 4 dijanjikan memiliki performa single threaded 15% lebih tinggi dibanding Zen 3. Performa single threaded ini bisa dibilang masih sangat penting untuk saat ini karena banyak aplikasi yang hanya bergantung pada single threaded termasuk sejumlah game.

Tidak hanya itu, AMD pun membanggakan konsumsi daya Ryzen 7000 ini. Meskipun memiliki motherboard dengan socket AM5, prosesor ini bisa menghantarkan daya sampai dengan 170W. Jumlah ini naik dari 142W yang sebelumnya diisukan.

Baca Juga:
Nvidia Luncurkan PC Rakitan Geforce RTX dan Esports

AMD juga menyebut bahwa setiap chip Ryzen 7000 akan dilengkapi grafis terintegrasi dari lini RDNA2. Jadi, pengguna hanya perlu menambahkan kartu grafis diskrit jika memang mereka membutuhkannya baik untuk gaming, pembuatan konten, atau lainnya.

Sebagai informasi tambahan, pada generasi-generasi sebelumnya, hanya prosesor Ryzen seri tertentu yang dilengkapi dengan kartu grafis terintegrasi atau yang lebih akrab dikenal dengan APU.

Sampai saat ini, belum ada informasi detail tentang prosesor baru tersebut. Kabarnya, prosesor AMD tersebut akan mulai dilucurkan pada musim panas mendatang.

#Prosesor #AMD #AMDRyzen7000

Baca Juga