Technologue.id, Jakarta – Wabah virus Corona masih merajalela. Tak cuma banyak memakan korban jiwa, perlahan-lahan hal itu juga mulai membuat kondisi ekonomi semakin memburuk. Dan salah satunya dialami oleh produsen gadget, Apple.

Mengutip dari GSMArena (03/02/20), salah satu analis kondang, Ming-Chi Kuo berpendapat bahwa virus Corona ke depannya bisa membuat penjualan iPhone menurun cukup tajam, khususnya untuk periode kuartal pertama 2020 ini.

Baca Juga:
Apple Tutup Seluruh Toko di China

Berdasarkan perhitungannya, angka pengiriman iPhone bisa turun hingga 10 persen ke angka 36-40 juta unit. Hal itu mungkin saja terjadi lantaran beberapa komponen, termasuk kamera pada iPhone diproduksi di pabrik Foxconn yang berada di kota Wuhan.

Tak cuma untuk produksi dan pengiriman iPhone 11 yang terkena dampak, melainkan iPhone 9 yang digadang-gadang bakal mulai diproduksi pada bulan Februari 2020 ini. Bukan tidak mungkin hal itu akan membuat peluncuran iPhone 9 yang akan dilakukan pada Maret 2020 menjadi tertunda.

Baca Juga:
Apple Produksi 6 Juta Unit iPhone 9 Dijual Maret, Ini Bocoran Harganya

Sebelumnya, Apple pun sudah menutup sejumlah sejumlah gerai ritelnya di Tiongkok lantaran semakin menggilanya virus Corona. Kuo sendiri melihat bahwa transaksi di pasar Tiongkok setelah tahun baru imlek mengalami penurunan 50-60 persen dari tahun ke tahun.