Technologue.id, Jakarta – Setelah resmi meluncurkan Samsung Galaxy S20 dan Z Flip beberapa waktu lalu, pembaharuan Android 10 untuk beberapa lini smartphonenya tidak dilupakan begitu saja. Dan salah satu smartphone kelas menengah ke bawah yang mulai mendapatkan Android 10 adalah Galaxy A30.

Mengutip dari GSMArena (13/02/20), sejumlah pengguna Galaxy A30 di India mengaku sudah mendapatkan pembaharuan Android 10 secara resmi melalui metode OTA (Over-the-Air). Update tersebut datang dengan versi A305FDDU4BTB3 sebesar 1,4 GB.

Baca Juga:
Android 10 untuk Pocophone F1 Sudah Tiba

Tak cuma memperbaharui sistem operasi ke Android 10, firmware tersebut juga menyediakan security patch untuk menutup celah keamanan yang sebelumnya ada. Patch yang disertakan kali ini adalah periode 1 Februari 2020.

Seperti smartphone Samsung lainnya, dengan firmware ini, Galaxy A30 pun kini bisa menggunakan user interface yang terbaru, yakni One UI versi 2.0. Dengan begitu, pengguna kini bisa menggunakan dark mode, gerakan baru untuk melakukan navigasi, dan sejumlah aplikasi khas Samsung yang lebih baru.

Baca Juga:
Ini Daftar Lengkap Smartphone Huawei yang Kebagian Android 10

Meski begitu, ada juga fitur yang hilang untuk pembaharuan kali ini. Salah satunya adalah screen recorder yang sengaja dihilangkan oleh Samsung karena alasan tertentu. Hingga saat ini, belum diketahui kapan firmware terbaru ini bakal terdistribusi secara global termasuk Indonesia.