Android 12 Meluncur, Berikut Fitur-fiturnya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Android 12 resmi diumumkan, Rabu (19/5/ 2021) dini hari. Sistem operasi terbaru ini meluncur dalam acara Google I/O yang digelar secara online.

Google menyebut Android 12 hadir membawa sejumlah fitur unggulan. Fitur-fitur yang ditawarkan diklaim mampu membantu pengguna dalam berkegiatan.

Baca Juga:

WhatsApp Siapkan Fitur Menghilang


Adapun fitur baru yang dibawa Android 12 antara lain sebagai berikut:


Personalisasi
Android 12 memungkinkan penggunanya mempersonalisasi smartphone sepenuhnya. Mereka dapat memilih wallpaper dan secara otomatis sistem akan menentukan warna yang dominan.

Dengan fitur bernama “Material You”, sistem akan mencari warna mana yang melengkapi dan mana yang terlihat bagus. Warna terpilih nantinya akan diterapkan di layar kunci, kontrol volume, widget baru, dan banyak lagi.

Mode One-Handed
Mode One-Handed atau pengoperasian satu tangan ini sebenarnya bukanlah hal baru. Namun pada Android 12 ini tampilannya berubah, dibuat agar menjadi lebih mudah untuk digunakan.

Ketika ingin kembali ke mode normal, pengguna hanya perlu mengusap (swipe) ke atas. Pengembalian ke mode normal juga dapat dilakukan dengan mengetuk bidang kosong di atas bilah one-handed mode yang sedang berjalan.

Baca Juga:

Bocoran Google Pixel 6, Punya Desain Aneh


Privacy Dashboard
Android 12 memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka. Pengguna bisa mengetahui aplikasi mana saja yang telah mengakses data.

Pengguna dimungkinkan untuk mengatur seberapa banyak informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi. Ini semua bisa dilakukan dengan fitur baru bernama Privacy Dashboard.

Tapi sayangnya Android 12 ini baru tersedia dalam versi Beta. Hingga saat ini belum diketahui kapan waktu tepatnya Android 12 akan diluncurkan secara umum.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories