Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Android Bakal Lenyap dari Smartphone Huawei?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - HarmonyOS yang awalnya dirancang untuk menggantikan Android bagi perangkat Huawei, hingga kini masih terus dikembangkan. Dan tak hanya itu, penggunaannya pun bakal semakin luas karena dirancang untuk perangkat Internet of Things (IoT). Untuk membuatnya semakin masif digunakan, Huawei kemungkinan mengambil langkah untuk menerapkannya terlebih dahulu pada smartphone buatannya.

Mengutip dari TheVerge (28/04/21), salah seorang leakster di media sosial asal Tiongkok, Weibo, mengatakan bahwa ke depannya seluruh smartphone Huawei bakal langsung menggunakan HarmonyOS secara pabrikan. Di saat yang sama, ia juga mengatakan bahwa smartphone Honor keluaran terbaru, bakal menggunakan MagicUI 5.0 berbasis Android 11.

Baca Juga:
HarmonyOS 2.0, Penantang Android dari Huawei

Weibo Digital Chat Station (Sumber: GizChina.com)
Weibo Digital Chat Station (Sumber: GizChina.com)



Jika rumor tersebut benar, itu berarti pengguna smartphone baru Huawei bisa jadi tak lagi menggunakan Android, melainkan HarmonyOS. Kalaupun mau menggunakan Android, berarti harus ada modifikasi terlebih dahulu.

Baca Juga:
Huawei Rilis Daftar Perangkat yang Bisa Gunakan Harmony OS

Rencananya, smartphone pertama yang bakal menggunakan HarmonyOS secara pabrikan adalah Huawei Mate 40 Pro 4G. Smartphone tersebut sudah mendapatkan sertifikasi TENAA dan 3C di Tiongkok. Dari sertifikasi TENAA tersebut, terlihat kalau Huawei Mate 40 Pro 4G akan dijual dengan kondisi sudah menggunakan sistem operasi HarmonyOS.

Wang Chenglu, President of Huawei’s Consumer Business Software Department and Head of AI mengatakan bahwa HarmonyOS dirancang dengan bahasa yang universal untuk bisa menghubungkan, berintegrasi, dan berkolaborasi dengan berbagai perangkat yang berbeda. Ia juga yakin bahwa setidaknya akan ada 300 juta perangkat yang sudah menggunakan sistem operasi tersebut hingga akhir tahun 2021 ini.

SHARE:

Apple Bakal Gelar WWDC 2024, Ungkap iOS 18 hingga Teknologi AI

Menantikan Sepak Terjang Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru Honda Prospect Motor