Technologue.id, Jakarta – Kompetisi final regional “StartCon Pitch for US$1 Million Jakarta” telah usai. Startup Halal Local terpilih sebagai juara pertama dan berkesempatan memboyong 1 juta dolar Australia atau setara Rp10,6 miliar, setelah menumbangkan sekitar 25 finalis startup lokal lainnya.

Selanjutnya, Halal Local akan bertanding melawan para finalis kompetisi StartCon lainnya di berbagai kota di wilayah Asia Pasifik, termasuk Seoul, Hong Kong, Manila, Singapura, dan Melbourne di panggung utama acara StartCon 2018 di Sydney pada 30 November dan 1 Desember mendatang.

Baca juga:

Accelerator dari Silicon Valley Cari Startup Lokal Potensial

Halal Local adalah aplikasi mobile karya anak bangsa, yang membantu wisatawan muslim menemukan restoran Halal di seluruh dunia. Startup ini memiliki database lebih dari 50.000 daftar restoran Halal di 110 negara, bersama dengan informasi penting lainnya bagi pemeluk agama Islam, seperti aplikasi untuk pencarian tempat shalat, jadwal waktu shalat, serta arah Kiblat untuk shalat (Qibla).

Aplikasi ini sekarang tersedia dalam empat bahasa (Inggris, Arab, Mandarin, dan Indonesia) serta sudah bisa diunduh di Google Play dan App Store.

Halal Local telah berhasil melangkah lebih dekat dalam perjalanan mendapatkan investasi 1 juta dolar Australia dalam rangka membawa aplikasi pencarian restoran Halal-nya ke level berikutnya setelah memenangkan hadiah pertama di kompetisi final regional “StartCon Pitch for $1 Million di Jakarta”, yang diselenggarakan oleh StartCon, FintechSPACE by UnionSPACE, dan Kejora Ventures sebagai partner lokal acara, serta Kedutaan Australia di Jakarta sebagai sponsor.

Baca juga:

AWS Ajak Startup Lokal Adopsi Platformnya, Adakah Untungnya?

“Suatu kehormatan besar bagi Halal Local menjadi pemenang pertama di acara kompetisi regional ‘StartCon Pitch for $1 Million Jakarta’. Sebagai sebuah aplikasi mobile yang bertujuan membantu para wisatawan muslim mencari restoran Halal di mana pun di seluruh dunia, kami bermaksud mempergunakan kesempatan ini sebagai sarana peluncuran untuk mendapatkan investasi, kolaborasi, dan dukungan dalam mengembangkan nilai bisnis Halal Local ke Australia, Asia Pacific, dan ke seluruh dunia,” kata Nurma Larasati, Chief Technology Officer (CTO) Halal Local.

StartCon merupakan konferensi startup dan growth terbesar di Australia. Inisiasi “StartCon Pitch for $1 Million” merupakan kompetisi pitch untuk startup di Asia Pacific dengan ratusan startup yang berkompetisi di 15 kota dalam tujuh negara untuk mendapatkan kesempatan memenangkan paket pendanaan sebesar 1 juta dolar Australia dari firma pendanaan modal usaha Australia bernama Right Click Capital.

Selain itu, ada dua pemenang runner up dalam kompetisi regional “StartCon Pitch for $1 Million” di Jakarta. Mereka adalah DuitHape dan Kerjaku.

Baca juga:

Pundi X Bawa Blockchain ke Sektor Pertanian, untuk Apa?

DuitHape adalah sebuah sistem pengiriman uang dan pembayaran mobile independen yang dapat bekerja dalam sistem operasi yang bervariasi, operator telekomunikasi yang berbeda serta bank. Aplikasi ini fokus untuk memfasilitasi transaksi finansial menggunakan telepon genggam bagi 80 persen populasi masyarakat Indonesia yang masih belum tersentuh layanan perbankan, termasuk mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

Sedangkan Kerjaku, merupakan sebuah aplikasi pencarian kerja bagi orang-orang dengan ijazah setaraf SMA.