Technologue.id, Jakarta – Sejak mengusung keyboard butterfly pada MacBook keluaran tahun 2016 hingga sekarang, beberapa pengguna Apple sempat mengeluhkan berbagai masalah dari desain keyboard tersebut. Kini, tampaknya Apple berniat untuk tak lagi menggunakan desain keyboard butterfly.

Mengutip dari TheVerge (04/07/19), seorang analis kondang, Ming-Chi Kuo melaporkan bahwa Apple di masa mendatang akan mengusung sebuah desain serta switch baru untuk tuts keyboard yang nantinya digunakan pada MacBook.

Berbeda dengan sebelumnya, nantinya, switch tersebut bakal menggunakan serat kaca untuk menopang seluruh tuts keyboard MacBook. Dan yang pertama mengadopsinya kemungkinan adalah MacBook Air yang akan diluncurkan tahun ini. Setelah itu, menyusul MacBook Pro pada tauhn 2020.

“Kami memprediksi bahwa keyboard butterfly pada akhirnya akan hilang dalam jangka waktu yang panjang”, kata Kuo.

- Advertisement -

Kuo sendiri menduga ada sejumlah alasan mengapa Apple melakukan penggantian desain keyboard. Alasan pertama adalah switch berbahan dasar serat kaca akan membuat keyboard lebih tahan lama. Dan yang kedua adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengetik, terutama saat dalam perjalanan.