Apple Berencana Bikin Mobil Pintar Pertamanya di 2024

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Produsen iPhone, Apple, kembali dikabarkan bakal merakit mobil pintar.

Dilansir dari The Verge (21/12/2020), Reuters melaporkan bahwa Apple sedang mengejar produksi kendaraan dengan nama Apple Car untuk tersedia di pasaran pada tahun 2024. Selain sibuk membuat rangka mobil itu, perusahaan teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat, itu juga fokus dalam pembuatan sistem swakemudi dan “terobosan teknologi baterai”.

Rumor ini menunjukkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan produksi kendaraan, setelah sebelumnya menutup rencana untuk membuat mobil.

Sebelumnya, isu kehadiran Apple Car telah dimulai sejak tahun 2007. Phil Schiller mengatakan bahwa para eksekutif Apple membahas pembuatan mobil bahkan sebelum perusahaan tersebut merilis iPhone pertama pada tahun 2007. Sementara Tony Fadell ingat pernah menentang ide tersebut dengan Steve Jobs pada tahun 2008.

Baca Juga:
Apple Tutup Seluruh Toko Offline di California

Lalu di tahun 2015, Apple lagi-lagi dilaporkan tengah mengembangkan mobil pintar tersebut. Namun pada tahun 2016, proyek pengembangan Apple Car dibatalkan dan tim Apple fokus kembali pada penyediaan perangkat lunak yang dapat dilisensikan kepada produsen mobil, menurut laporan pada saat itu. Sekitar 200 orang diberhentikan dari tim mobil Apple tahun lalu.

Sekarang tampaknya Apple telah memperbarui fokusnya untuk membangun kendaraan yang sebenarnya – meskipun ada banyak ketidakpastian tentang kapan rencana itu bakal terealisasi.

Reuters mengatakan 2024 adalah tujuan produksi kendaraan penumpang buatan Apple, meskipun bisa molor karena penundaan terkait pandemi.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Apple mengandalkan pihak ketiga untuk menyediakan beberapa komponen dari teknologi self-driving, termasuk sistem LIDAR-nya. Teknologi baterai Apple dilaporkan mengandalkan desain “monocell” yang memungkinkan lebih banyak kapasitas untuk dimasukkan ke dalam unit baterai secara keseluruhan dengan tidak membaginya menjadi sel terpisah.

Jika Apple berencana memproduksi mobil tanpa pengemudi, Apple mungkin juga menghadapi kendala regulasi sebelum dapat diluncurkan. Tidak ada kendaraan self-driving yang tersedia saat ini, meskipun beberapa mobil, seperti yang dari Tesla, menawarkan bantuan pengemudi tingkat lanjut untuk mengemudi dalam situasi tertentu.

Baca Juga:
Supplier Apple Langgar UU Tenaga Kerja Tiongkok

Awal bulan ini, Apple menyerahkan kendali proyek mobil self-driving-nya kepada John Giannandrea, kepala AI perusahaan. Giannandrea bergabung pada 2018 untuk mengerjakan Siri, setelah sebelumnya bekerja di Google sebagai kepala bidang penelusuran dan kecerdasan buatan.

Laporan lain dari Economic Daily News di Taiwan, mengatakan bahwa mobil buatan Apple dapat dirilis paling cepat 2021 dalam jangka waktu yang sangat ambisius jika benar.

Sementara mengingat pada tahun 2018, analis Apple yang andal, Ming-Chi Kuo memperkirakan peluncuran mobil antara 2023 dan 2025, menurut MacRumors.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories