GadgetApple Bertekuk Lutut, Lenovo Jawara Pasar Laptop

Apple Bertekuk Lutut, Lenovo Jawara Pasar Laptop

Technologue.id, Jakarta – Pertumbuhan pasar komputer pribadi secara global mengalami penurunan kinerja selama kuartal pertama tahun ini. Menurut data analisis dari International Data Corporation (IDC), perangkat tersebut turun 5,1 persen secara tahunan.

Padahal, selama dua tahun terakhir pasar komputer telah mengalami pertumbuhan hingga dua digit. Meski begitu, penurunan ini belum berarti industri teknologi tengah merosot.

Pada kuartal pertama tahun 2022 menurut catatan firma riset pasar, produsen komputer sanggup mengirimkan 80,5 juta unit komputer. Namun, pencapaian industri yang tergolong pasif di tengah situasi pandemi ini menjadi tatangan tersendiri karena kelangkaan chipset global.

“Fokusnya seharusnya tidak pada penurunan volume komputer pribadi secara tahunan. Sebab, itu sudah diprediksi sebelumnya,” ujar Ryan Reith, Group Vice President Worldwide Mobile Device Trackers IDC dalam keterangan resmi pada Rabu (13/4).

Baca Juga:
Makin Canggih, Ponsel Mahal Samsung Kini Bisa Nyalahkan Mobil BMW dan KIA

Selain itu, IDC juga menyaksikan sejumlah keterlambatan baik di segmen pasar pendidikan maupun konsumen. Firma tersebut melihat perminataan pasar komputer pribadi khususnya komersial masih tetap menguat.

Analisis IDC sependapat dengan Gartner, perusahaan riset teknologi informasi. Menurut Gartner, pengiriman pasar komputer pribadi dari Januari hingga Maret tahun ini hanya 77,5 juta unit. Dengan kata lain, tahun ini terjadi penurunan 7,3 persen ketimbang 2021.

Penurunan drastis dalam penjualan Chromebook yang secara signifikan berkontribusi pada pasar PC secara keseluruhan. Di luar dari Chromebook, pasar PC tumbuh menjadi 3,3 persen setahun.

“Setelah lonjakan Chromebook yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 2020 dan awal 2021, didorong oleh permintaan dari pasar pendidikan Amerika Serikat, pertumbuhan Chromebook menurun,” kata Research Director Gartner, Mikako Kitagawa.

Perangkat komputer untuk bisnis mengalami pertumbuhan. Permintaan terhadap dekstop turut meningkat karena kembali memulai bekerja di kantor.

Lebih lanjut, dalam IDC dan Gartnet turut menunjukkan soal kinerja pengiriman komputer berdasarkan produsen. Hasilnya, pada kuartal pertama tahun ini Lenovo masih menjadi penguasa pasar PC secara global.

Baca Juga:
Lagi Tren Metaverse, Rilis Headset AR/VR Apple Malah Molor Lagi

Saat ini Lenovo menguasai lebuh dari 22 persen pangsa pasar pengiriman PC meski jumlah pengiriman unit menurun secara tahunan. Sedangkan, HP Inc harus puas di posisi kedua dengan pangsa pasar lebih dari 19 persen.

Lalu, di posisi ketiga dan keempat ada Dell Technologies dan Apple dengan pangsa pasar masing-masing 17 persen dan 9 persen. Dell Technologies sanggup membukukan pengiriman komputer pribadi 5,0 persen setahun. Meski ada kendala pasokan di pasar bisnis, vendor ini tidak mengalami penurunan di segmen Chromebook.

Sementara Apple mencatatkan pertumbuhan pengiriman unit komputer mencapai 8,6 persen setahun. Apple tetap melanjutkan momentumnya berkat popularitas Mac M1 dan memperkenalkan Mac Studio, model desktop premium bebasis M1 yang mendorong penjualan.

Related articles

Acer Luncurkan Laptop Performa Ramah Lingkungan Aspire Vero

Technologue.id, Jakarta - Acer telah mengeluarkan produk terbarunya yaitu...

Bug Jadi Kendala iOS 16 Molor

Technologue.id, Jakarta - Apple saat ini dilaporkan tengah menyiapkan...

Meluncur Tahun Ini, Bocoran Tanggal iPhone 14 Terungkap

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya terdengar rumor akan kehadiran...

Usung Teknologi Layar E-Ink, Begini Bocoran iPhone Layar Lipat

Technologue.id, Jakarta - Apple dikabarkan tengah menggarap iPhone layar...

Rilis iOS 15.5 dan iPadOS 15.5, Begini Fitur Barunya

Technologue.id, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan pembaruan sistem...