Apple dan Google Garap Ekosistem 6G

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Jaringan telekomunikasi berbasis 5G masih terus dikembangkan. Di Indonesia sendiri belum mencapai tahap komersialisasi. Meski begitu, di luar sana sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang mengembangkan teknologi 6G.

Mengutip dari GizmoChina (16/11/20), Google dan Apple dikabarkan baru saja bergabung ke dalam aliansi Next G. Melalui aliansi tersebut, mereka dapat mengembangkan teknologi jaringan 6G bersama dengan perusahaan teknologi lainnya dan sejumlah partner yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga:
Gokil, China Bersiap Hadirkan 6G

Teknologi 6G sendiri digadang-gadang bisa memiliki kecepatan yang lebih kencang hingga 100-500 kali lipat dari 5G. Oleh karenanya, dengan bergabungnya Google dan Apple ke dalam pengembangan industri 6G, bukan tidak mungkin bahwa ke depannya akan ada iPhone maupun smartphone Google Pixel yang bakal mendukung jaringan 6G.

Keberadaan aliansi Next G juga didukung oleh salah satu organisasi yang cukup penting di wilayah Amerika Serikat bagian utara, yakni Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS). Selama ini, ATIS sendiri bertindak sebagai asosiasi dagang yang dapat menyediakan berbagai rantai pasok suku cadang yang ‘berbau’ elektronik.

Baca Juga:
Samsung Bakal Ciptakan Jaringan 6G, Hadir di 2028

Dengan adanya aliansi Next G, ATIS memiliki tujuan untuk menjadikan wilayah AS bagian utara memiliki teknologi mobile yang unggul terutama untuk teknologi 6G dan seterusnya sampai beberapa dekade ke depan sembari membangun evolusi 5G dalam jangka panjang.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories