Apple dan Google Garap Ekosistem 6G

Technologue.id, Jakarta – Jaringan telekomunikasi berbasis 5G masih terus dikembangkan. Di Indonesia sendiri belum mencapai tahap komersialisasi. Meski begitu, di luar sana sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang mengembangkan teknologi 6G.

Mengutip dari GizmoChina (16/11/20), Google dan Apple dikabarkan baru saja bergabung ke dalam aliansi Next G. Melalui aliansi tersebut, mereka dapat mengembangkan teknologi jaringan 6G bersama dengan perusahaan teknologi lainnya dan sejumlah partner yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga:
Gokil, China Bersiap Hadirkan 6G

Teknologi 6G sendiri digadang-gadang bisa memiliki kecepatan yang lebih kencang hingga 100-500 kali lipat dari 5G. Oleh karenanya, dengan bergabungnya Google dan Apple ke dalam pengembangan industri 6G, bukan tidak mungkin bahwa ke depannya akan ada iPhone maupun smartphone Google Pixel yang bakal mendukung jaringan 6G.

Keberadaan aliansi Next G juga didukung oleh salah satu organisasi yang cukup penting di wilayah Amerika Serikat bagian utara, yakni Alliance for Telecommunications Industry Solutions (ATIS). Selama ini, ATIS sendiri bertindak sebagai asosiasi dagang yang dapat menyediakan berbagai rantai pasok suku cadang yang ‘berbau’ elektronik.

Baca Juga:
Samsung Bakal Ciptakan Jaringan 6G, Hadir di 2028

Dengan adanya aliansi Next G, ATIS memiliki tujuan untuk menjadikan wilayah AS bagian utara memiliki teknologi mobile yang unggul terutama untuk teknologi 6G dan seterusnya sampai beberapa dekade ke depan sembari membangun evolusi 5G dalam jangka panjang.

Latest News

Jaringan 5G Bisa Ganggu Lalu Lintas Udara?

Technologue.id, Jakarta - Dunia telekomunikasi terus berkembang. Kini, 5G dianggap sebagai standar teknologi generasi kelima untuk jaringan seluler broadband, yang mulai digunakan...

Daftar Game Ekslusif Xbox yang Bakal Rilis di 2021

Technologue.id, Jakarta - Tahun baru, yang berarti ada pertandingan baru di depan mata. Bagi yang suka game konsol, ada banyak game eksklusif...

Microsoft Akan ‘Hidupkan’ Kembali Orang yang Telah Meninggal

Technologue.id, Jakarta - Teknologi jika digunakan dengan baik bisa membantu dalam setiap sendi kehidupan masyara. Misalnya, perkembangan ponsel yang begitu cepat, membuat...

Render iPad Pro 2021 Beredar

Technologue.id, Jakarta - Bocoran terkait iPad Pro 2021 kembali mencuat. Kali ini bocoran datang dari pembocor kenamaan, David Kowalski.

Samsung Ikut Tren Tanpa Charger di Paket Pembelian Ponsel

Technologue.id, Jakarta - Menghilangkan charger dalam paket pembelian ponsel tengah menjadi tren belakangan ini. Setelah pertama kali dipelopori oleh Apple, Samsung pun...

Related Stories