Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple, Google, dan Microsoft Berkomitmen untuk Memperluas Penggunaan Masuk Tanpa Kata Sandi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Memasukkan kata sandi merupakan hal yang wajib dilakukan saat mmenggunakan media sosial. Hal itu berguna untuk dapat mengakses masuk ke sebuah aplikasi atau perangkat lainnya.

Namun, banyaknya aplikasi yang digunakan memungkinkan pemilik akun kesulitan untuk mengingat sebuah kata sandi.

Tak hanya itu, adanya kata sandi juga belum menjamin keamanan akun. Tapi di masa depan, mungkin saja kata sandi akan menjadi suatu hal dari masa lalu.

Dilansir dari Phone Arena (6/5), bahwa tiga perusahaan teknologi terbesar di dunia seperti Apple, Google, dan Microsoft berkomitmen untuk bekerja sama memperluas ketersediaan login tanpa kata sandi di semua jenis perangkat.

Baca Juga:
Google Mudahkan Pengguna untuk Mengubah Password yang Dilanggar

Akan tetapi, wajah dan jari pengguna akan menjadi semua kunci yang dibutuhkan di perangkat baru. Upaya tersebut berkisar pada standar bebas kata sandi yang dibuat oleh FIDO Alliance dan World Wide Web Consortium.

Apple, Google, dan Microsoft telah mendukung standar di seluruh platfrom mereka dengan membiarkan pengguna masuk ke akun dengan menggunakan metode otentikasi biometrik yang berbeda seperti Touch ID.

Rencana tersebut akan diluncurkan ke platform perusahaan selama tahun mendatang. Artinya, pengguna akan dapat mengakses kredensial masuk FIDO mereka di banyak perangkat bahkan untuk yang baru.

Dengan begitu, pemilik akun tidak perlu repot masuk ke setiap aplikasi saat ingin mengakses untuk pertama kalinya dari perangkat sekunder atau yang benar-benar baru.

Pemilik akun cukup dengan menggunakan ID wajah atau pemindai sidik jari perangkat untuk dapat mengaksesnya dari awal.

Selain itu, pemilik akun juga dapat menggunakan autentikasi biometrik untuk masuk ke situs web dan aplikasi di perangkat terdekat yang tidak memiliki opsi ini.

Baca Juga:
Microsoft Uji Coba Tambah VPN Bawaan Gratis ke Browser Edge

Bagian terbaiknya, cara ini ini akan bekerja dengan perangkat terdekat terlepas dari browser atau platform OS. Jika pemilik akun ingin masuk ke situs web di laptop Windows, tetapi tidak memiliki pemindai sidik jari juga tidak masalah.

Pemilik akun cukup gunakan sidik jari di ponsel Anda atau ID Wajah di iPad Pro untuk masuk. Meskipun belum dikonfirmasi secara resmi, peningkatan masuk tanpa kata sandi ini, kemungkinan akan diluncurkan sebagai bagian dari iOS 16 dan macOS 13 Apple, dan rilis Android 13 Google akhir tahun ini.

Versi Windows 11 yang akan datang juga harus memperkenalkan perubahan untuk pengguna Microsoft.

SHARE:

Aukey Charging Station hingga Air Purifier Terbaru Banjiri Pasar Indonesia

Soal Starlink, Operator Seluler Singgung Kesetaraan Aturan