AppsGoogle Mudahkan Pengguna untuk Mengubah Password yang Dilanggar

Google Mudahkan Pengguna untuk Mengubah Password yang Dilanggar

Technologue.id, Jakarta – Google telah menepati janjinya untuk membiarkan Google Assistant membantu pengguna membuat password baru usai dilanggar. Hanya dengan beberapa tap sederhana, asisten virtual dapat mengatur password baru dalam hitungan detik setelah memberitahu ada masalah.

Perusahaan mengumumkan fitur tersebut sejak tahun lalu. Namun, baru terealisasikan baru-baru ini karena Android mulai melihat fitur tersebut di ponsel mereka. Pasalnya, pemberitahuan untuk password yang baru dilanggar bukanlah hal yang baru.

Sebelumnya, Google Chrome telah memaksa mereka selama bertahun-tahun. Tetapi proses untuk menyiapkan yang baru saat dilanggar sedikit rumit. Pemilik perangkat harus membuka ke situs web yang terpengaruh dan mengatur ulang password secara manual.

Baca Juga:
Google Rilis Emoji Hitam-Putih untuk Pengguna Nostalgia HP Jadul

Dilansir dari Android Police, pembaruan Google Asisten ini baru menyelesaikan proses itu dengan membawa pengguna langsung ke pengaturan kata sandi situs dengan kata sandi yang dilanggar.

Selain itu, pengguna diberi opsi untuk membiarkan Google mengurus pembuatan password dan menambahkannya ke keyring kata sandi pribadi. Jenis fitur ini telah ada sejak lama, tetapi penerapannya bersama dengan fitur kata sandi Google Assistant yang diperbarui.

Adanya fitur ini membuat seluruh proses lebih lancar dari sebelumnya. Peluncuran pembaruan Google Assistant yang baru dikabarkan akan memakan waktu cukup lama untuk diadopsi secara universal.

Pasalnya, setiap situs web yang menangani penyetelan ulang sandi dilakukan secara berbeda. Mereka semua harus berdiskusi dengan Google tentang mengotomatiskan praktik mereka.

Dikutip dari Digital Trends, sejauh ini hanya ada beberapa situs web yang kompatibel dengan fitur tersebut. Namun, karena fitur ini tersedia untuk lebih banyak pengguna perangkat Android, sepertinya akan ada lebih banyak situs yang ditambahkan.

Baca Juga:
Google Mungkinkan Pengguna Hapus Data Sensitif dari Hasil Pencarian

Fitur ini hanya akan berfungsi di aplikasi browser web Chrome. Meskipun browser Google Chrome begitu populer, ini bukan satu-satunya pilihan bagi pengguna Android.

Jadi bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur kata sandi Asisten Google perlu beralih ke Chrome atau cukup dengan cara menangani kata sandi yang dilanggar sebelumnya.

Jika ingin tahu apakah ponsel Android memiliki pembaruan, pengguna dapat memeriksanya dengan menuju ke pengaturan kata sandi Chrome. Sesampai di sana, beberapa situs akan menampilkan Asisten Google di sebelah “Ubah Kata Sandi” alih-alih kotak dengan panah. Menu itu menyampaikan bahwa situs telah mendukung fitur tersebut.

Related articles

Chrome Baru Saja Upgrade Pencarian Google Lens

Technologue.id, Jakarta - Google Chrome baru saja mendapatkan fitur...

Google Maps Menambahkan Wilayah Baru yang Belum Dijelajahi di Fitur Street View

Technologue.id, Jakarta - Google Maps Street View mengumumkan akan...

Google Salurkan Pinjaman Senilai $2 Juta ke Berbagai UKM di Pulau Jawa

Technologue.id, Jakarta - Google mengumumkan mitra keuangan mikro baru...

Google Ramalkan Ekonomi Digital RI Tahun 2025 Tembus Rp2.055 Triliun

Technologue.id, Jakarta - Ekonomi digital Indonesia pada 2025 diramalkan...

Google Hapus Ratusan Ribu Aplikasi Jadul di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Google bakal hapus aplikasi jadul yang ada di...