Apple Larang Aplikasi ‘Gratis’ Masuki App Store

Ilustrasi Apple App Store (source: 9to5mac)

Technologue.id, Jakarta – Raksasa Cupertino telah mengambil sebuah langkah menarik. Mereka kini menyetop upaya developer untuk mempromosikan kegratisan karyanya melalui nama aplikasi maupun screenshots.

Menurut VentureBeat (28/03/17), apabila Anda menyebutkan kata ‘Free’ di nama app yang Anda kirimkan, maka Apple tak akan meloloskannya. Mereka lebih suka jika Anda menjelaskan harga aplikasi pada user di kolom deskripsi aplikasi.

“Tolong hilangkan rujukan terhadap harga aplikasi Anda dari nama aplikasi itu, termasuk rujukan lain yang mengindikasikan bahwa aplikasi Anda bersifat gratis atau didiskon,” jelas perusahaan berlogo apel tergigit itu.

Kendati aturan ini sudah diberlakukan, sumber yang dikutip redaksi mengamati bahwa masih ada sejumlah app yang mengusung titel ‘Free’ atau menjelaskan kegratisannya via screenshot. Tampaknya, aturan ini baru berlaku kepada aplikasi-aplikasi baru. Walau begitu, ada kans jika Apple akan menindak aplikasi lawas yang belum menyesuaikan aturan ini ketika menyetorkan update.

Di sisi lain, Google Play Store tak seketat ini terhadap aplikasi yang sedari awal sudah mengaku gratisan. Pun dengan Microsoft dengan Windows Store-nya.

 

Baca juga:

Nintendo Gemparkan Apple App Store Berkat Super Mario Run

Aplikasi Khusus Apple Fanboy yang Super Sibuk Ini Sekarang Gratis!

Ternyata Ini Game dan Aplikasi Terpopuler di Play Store, Anda Punya?