Technologue.id, Jakarta – Steve Jobs Theater menjadi saksi kelahiran iPhone tercanggih yang pernah Apple buat, begitu klaim Tim Cook, CEO Apple (12/09/2018). Mereka adalah iPhone XS dan iPhone XS Max. Tak berlebihan, duet smartphone suksesor iPhone X itu memang memiliki sejumlah senjata mematikan untuk para kompetitornya di pasar smartphone.

Pertama, iPhone XS dan XS Max dibekali dengan chipset A12 Bionic, chip 7nm pertama di industri smartphone yang 15 persen lebih cepat performanya daripada A11 pada iPhone X. Chipset ini menghadirkan banyak kenikmatan untuk pengguna, dari launching aplikasi yang 30 persen lebih cepat, kamera yang terkalibrasi untuk augmented reality, low-light foto yang lebih apik, hingga GPU yang bisa me-render grafis realistis.

Baca juga:

Punya Electrocardiogram, Apple Watch Series 4 Bisa Periksa Jantung Anda

Kedua, untuk menggoda user Android, untuk pertama kalinya, iPhone hadir dengan SIM ganda dalam bentuk nano-SIM dan e-SIM (untuk operator yang sudah mendukung dan hanya terbatas). Untuk pasar China, bahkan turut dihadirkan iPhone XS dan XS Max dengan dua slot untuk kartu SIM fisik sekaligus.

Ketiga, iPhone XS bersama XS Max tersedia dalam model bermemori internal 512GB. Varian ROM terlega itu melengkapi dua model lain, yakni dengan memori internal 64GB dan 256GB. Adapun RAM-nya sama-sama 4GB.

Apple Resmikan Ponsel Tergaharnya, iPhone XS dan XS Max
iPhone XS dan XS Max (source: Apple)

Baca juga:

4 Hal yang Bikin Orang Malas Beli MacBook

Lebih lanjut, Kamera utama mereka adalah dual 12MP (f/1.8 + f/2.4) yang masing-masing sudah dilengkapi dengan OIS. Kamera depannya sendiri 7MP ber-aperture f/2.2.

Seperti iPhone X, keduanya mengusung layar sentuh yang lebih luas, notch, serta layar OLED. Akan tetapi, iPhone XS dan XS Max sudah berbodi antiair IP68.

Sementara itu di antara iPhone XS dan XS Max, perbedaan utamanya ada pada ukuran. Layar Super Retina 5,8 inci iPhone XS beresolusi 2436 x 1125 piksel dengan kerapatan 458 ppi. Sedangkan iPhone XS Max yang berlayar 6,5 inci beresolusi 2688 x 1242 piksel dengan 458 ppi.

Baca juga:

Donald Trump “Rayu” Apple Agar Mau Pindahkan Pabriknya ke AS

Perbedaan lain ada pada baterai. Kendati lebih tahan daripada iPhone X, iPhone XS Max dianugerahi kapasitas baterai terbesar untuk iPhone, yaitu 3.300mAh. Dalam penggunaannya, baterai iPhone XS Max bisa 90 menit lebih lama penggunaannya daripada iPhone X. Adapun iPhone XS lahir dengan baterai berdaya 2.716mAh.

iPhone XS tersedia mulai harga US$999 (Rp14 jutaan), lebih murah US$100 atau Rp1,5 juta daripada iPhone XS Max.