Technologue.id, Jakarta – Tim Cook membuka Apple Special Event 2018 di Steve Jobs Theater dengan klaim bahwa Apple Watch bukan lagi smartwatch nomor satu di dunia, tetapi juga jam tangan nomor satu secara global. Mungkin, posisi Apple ini akan makin kokoh, karena Apple Watch generasi terbaru memiliki fitur-fitur menarik yang berkemungkinan membuatnya diburu oleh konsumen luas.

Bagaimana tidak, Apple Watch Series 4 kini dipersenjatai dengan aplikasi electrocardiogram (ECG). ECG singkatnya merupakan tes diagnostik umum untuk mengevaluasi fungsi dan kondisi jantung dengan mengukur aktivitas yang dihasilkannya. Alhasil, Apple Watch generasi keempat ini pun menjadi produk ECG yang ditawarkan secara langsung ke konsumen.

Baca juga:

Desain Apple Watch 4 Bakal Lebih Menawan?

Apple Watch Series 4 juga akan lebih waspada terhadap kecelakaan yang Anda alami. “Kini, Apple Watch Series 4 bisa mendeteksi ketika Anda jatuh,” kata COO Apple, Jeff Williams, (12/09/2018).

Punya Electrocardiogram, Apple Watch Series 4 Bisa Periksa Jantung Anda
Apple Watch Series 4 (source: Apple)
- Advertisement -

Walaupun terdengar sederhana, pendeteksi jatuh pada Apple Watch Series 4 ini bakal menjadi fitur yang mungkin tidak paling dicari, tetapi akan disyukuri ketika terpakai. Apple telah mempelajari pola bagaimana manusia terjatuh, dan memungkinkan jam pintarnya untuk melakukan panggilan serta mengirimkan pesan darurat secara otomatis lewat SOS Feature saat Anda terjatuh lantas tidak bergerak selama beberapa saat.

Baca juga:

Q2 2018, Apple Distribusikan 3,5 Juta Smartwatch

Speaker pada Apple Watch Series 4 pun sudah didesain ulang, memungkinkan volume output yang lebih keras. Jam pintar berotak chip S4 dengan prosesor dual-core 64-bit yang menjanjikan peningkatan performa sampai dua kali lipat ini juga diberkati dengan jaringan seleuler, Bluetooth 5.0, GPS dan Altimeter, optical heart sensor, UI baru, dan swimproof.

Punya Electrocardiogram, Apple Watch Series 4 Bisa Periksa Jantung Anda
Apple Watch Series 4 (source: Apple)

Selain fitur-fitur tersebut, smartwatch berdaya tahan hingga 18 jam ini juga hadir dengan dengan watchOS 5, sistem operasi Apple tercanggih untuk produk jam pintarnya; crown yang dilengkapi dengan haptic feedback; bezel yang menipis sehingga membuat layar sentuhnya makin luas; hingga pendesainan ulang tampilannya dengan menyertakan info dari aplikasi heart rate, stocks, dan activity.

Baca juga:

Donald Trump “Rayu” Apple Agar Mau Pindahkan Pabriknya ke AS

Apple Watch Series 4 dibanderol seharga US$399 (Rp6 jutaan) dengan GPS dan US$499 (Rp7,4 juta) untuk versi selulernya. Wearable ini dapat dipesan mulai 14 September di negara-negara tertentu. Adapun warna yang tersedia, yakni silver, gold, dan space gray.