Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple Rilis Update Keamanan Tingkat Lanjut untuk iMessage
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Apple meluncurkan pembaruan besar pada layanan iMessage dengan iOS 17.4. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Zak Doffman di Forbes, pembaruan ini dianggap sebagai lompatan "signifikan" dalam hal keamanan pengiriman pesan.

Dengan pembaruan tersebut, Apple memperkenalkan keamanan "tingkat 3", yang menggunakan kriptografi tingkat lanjut untuk mengamankan pesan di dua tingkat, yakni saat percakapan dimulai dan saat percakapan sedang berlangsung. Aplikasi perpesanan lain seperti WhatsApp milik Meta dan Facebook Messenger menggunakan keamanan "Level 1" dan Signal menggunakan "Level 2", menurut Dokman.

Ini menunjukkan bahwa, sebelum pembaruan, jika seseorang mendapatkan kunci enkripsi, mereka dapat membuka kunci semua pesan yang dikirimkan dengan kunci tersebut. Sekarang, kunci akan cukup sering berubah sehingga bahkan jika pelaku jahat menyusupi ponsel Anda, mereka hanya akan menerima beberapa pesan.

iMessage (source: digitaltrends)

Baca Juga:
OnePlus Watch 2 Akan Dipamerkan di Mobile World Congress 2024

Bagi para penggemar keamanan siber di luar sana, ini adalah peningkatan besar-besaran yang dilakukan Apple, menurut perusahaan tersebut, untuk secara proaktif memerangi ancaman yang ditimbulkan oleh komputasi kuantum. Komputer futuristik ini secara teori dapat memecahkan metode keamanan kita saat ini dengan mudah.

Meskipun iOS 17.4 tidak akan mengubah cara kita mengirim pesan, ini mewakili standar baru tentang seberapa aman seharusnya aplikasi perpesanan. Pembaruan ini akan diluncurkan dan meluas ke perangkat iPad dan Mac.

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun