Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Astronom Temukan Exoplanet Ciptakan Lengan Spiral di Sekitar Bintang
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Astronom menemukan exoplanet yang menciptakan lengan spiral di sekitar bintang. Struktur ini umum dilihat pada galaksi maupun bintang muda dan ternyata objek ini juga bisa lahir dari exoplanet yang baru terbentuk.

Dikutip dari Digitaltrends, para astronom menggunakan Teleskop Teropong Besar di Arizona untuk menyelidiki exoplanet atau planet ekstrasurya raksasa bernama MWC 758c yang tampaknya membentuk lengan spiral di sekitar bintang induknya.

Baca Juga:
Pengunjung Situs Web ChatGPT Turun Drastis untuk Pertama Kalinya

Terletak 500 tahun cahaya, bintang ini baru berusia beberapa juta tahun, menjadikannya "bayi" dalam istilah kosmik.

"Studi kami mengedepankan bukti kuat bahwa lengan spiral ini disebabkan oleh planet raksasa," kata ketua peneliti Kevin Wagner dari University of Arizona dalam sebuah pernyataan.

Ia melanjutkan, “Dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb yang baru, kami akan dapat menguji lebih lanjut dan mendukung ide ini dengan mencari lebih banyak planet seperti MWC 758c".

Bintang yang diamati oleh peneliti masih memiliki piringan debu dan gas protoplanet di sekitarnya, membuatnya sebanding dengan tahap awal tata surya kita.

“Saya menganggap sistem ini sebagai analogi tentang bagaimana tata surya kita akan muncul kurang dari 1% dalam masa hidupnya,” kata Wagner.

Baca Juga:
10 Perbedaan Threads vs Twitter

Ia menjelaskan, “Jupiter, sebagai planet raksasa, kemungkinan juga berinteraksi dengan dan secara gravitasi memahat cakram kita sendiri miliaran tahun yang lalu, yang akhirnya mengarah pada pembentukan Bumi".

Lengan spiral terbentuk di piringan protoplanet oleh gravitasi planet-planet besar. Para astronom telah meramalkan fenomena ini tetapi belum melihatnya hingga sekarang. Dengan mempelajarinya peneliti dapat mengetahui tentang pembentukan sistem planet.

SHARE:

Bukan Sony, Apple Tunjuk Supplier Lain Garap Sensor Kamera iPhone 18

Saingi Google, Apple Rilis Maps Versi Beta di Web