Technologue.id, Jakarta – Asus dan Advanced Micro Devices Inc. (AMD) mengumumkan jajaran laptop baru dari lini X series. Asus X505ZA menonjolkan komponen Accelerated Processing Unit (APU) AMD dengan dukungan prosesor Ryzen mobile yang ditawarkan dengan harga murah bagi segmen pelajar dan pekerja pemula.

Asus X505ZA memiliki dua versi prosesor Ryzen, yaitu AMD Ryzen 3 dan Ryzen 5. Khusus Ryzen 3, prosesor itu mampu menggenjot kecepatan komputasi maksimal 3,4GHz dengan dua core yang menyertai. Sedangkan Ryzen 5 dilengkapi dengan prosesor quad-core dan clockspeed mencapai 3,6GHz.

Kedua prosesor Ryzen tersebut mengemas special features antara lain DirectX 12, Radeon FreeSync Technology, dan AMD SenseMI Technology.

Baca juga:

Review: Asus Zenfone Live, Jagoan Baru Kelas Entry-Level

Kinerja prosesor AMD Ryzen juga didukung oleh pengolah grafis Radeon 3 dan Radeon 8. Kombinasi CPU dan GPU ditopang oleh RAM 4GB/8GB serta memori internal sebesar 1TB.

Asus X505ZA (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Notebook X505ZA hadir dengan sistem operasi Windows 10 dan layar berukuran 15,6 inci. Untuk resolusi layar, Asus menawarkan sebatas resolusi HD.

Baca juga:

Asus ZenBook 13 UX331UAL, Notebook Bisnis Standar Militer

Fitur-fitur di X505ZA tak kalah seru. Asus telah membenamkan sejumlah fitur keren diantaranya eye care mode, vivid mode, Windows gesture, dan juga speaker SonicMaster. Teknologi audio SonicMaster kembali menemani jajaran laptop dari Asus X-series.

Teknologi SonicMaster (Choiru Rizkia/Technologue.id)

“SonicMaster adalah kombinasi teknologi audio hardware dan software, sehingga akan memberikan clear voice dan good audio. Apa pun yang didengarkan akan sama persis seperti yang direkam tanpa rekayasa software,” ujar Jonas Chen, Country Product Manager Asus Indonesia, saat peluncuran Asus X505ZA di Jakarta, Selasa (07/08/2018).

Baca juga:

Diam-diam Asus Luncurkan Zenfone Ares, Apa yang Jadi Keunggulan?

Harga jual laptop yang menggunakan Ryzen 3 dan 5 tentu berbeda. X505ZA versi Ryzen 3 akan dipasarkan sebagai yang termurah, dengan harga Rp6.099.000. Lalu X505ZA versi Ryzen 5 menyusul dengan harga sedikit lebih tinggi, tepatnya di Rp8.199.000.

Laptop baru ini diharapkan menjadi senjata Asus dan AMD untuk makin meningkatkan lagi pasar mereka di Indonesia. Sejak awal tahun 2017 lalu, Asus memang menjadi penyumbang terbesar untuk laptop dengan prosesor AMD, di mana telah menguasai sekitar 40 persen dari laptop yang terjual selama Q1–Q3 tahun 2017 lalu.