HomeAppsAwas, Ada Dua Aplikasi Dompet Cryptocurrency Palsu di Play Store!

Awas, Ada Dua Aplikasi Dompet Cryptocurrency Palsu di Play Store!

Technologue.id, Jakarta – Pembahasan soal cryptocurrency makin panas saja. Tak cuma kontroversial dari klasifikasi dan mekanisme kerjanya, aset digital ini juga memicu adanya penipuan di tengah masyarakat, terutama pengguna Android.

Menurut laporan Avast, beberapa hari terakhir di Google Play Store terdapat dua aplikasi palsu yang menyamar sebagai dompet cryptocurrency. Aplikasi yang diunggah oleh developer bernama CryptoWallmart tersebut adalah ADA Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet.

Baca juga:

Browser Ini Klaim Bisa Halau Bitcoin Miner

Dari penjelasan Nikolaos Chrysaidos, Head Mobile Threat Intelegece and Security Avast, pada Technologue.id (27/01/2018), dompet ADA Cardano Crypto Wallet menipu pengguna sebagai dompet resmi Daedalus untuk cryptocurrency Ada Cardano.

Aplikasinya sendiri menggunakan logo Daedalus dan mengklaim dapat mengonversi koin cryptocurrency seperti Bitcoin dan Litecoin menjadi ADA Cardano. Sayang, setelah dikirim ke alamat yang terdaftar di aplikasi, uang digital milik korban akan lenyap.

Awas, Ada Dua Aplikasi Dompet Cryptocurrency Palsu di Play Store!
Aplikasi dompet cryptocurrency palsu di Play Store, All Crypto Currency Wallet (eksklusif/Technologue.id)

Sedangkan dompet All Crypto Currency Wallet mengklaim diri sebagai dompet multi-coin. Aplikasinya terlihat praktis. Namun, alih-alih menjadi dompet yang praktis, ia mencuri cryptocurrency yang dikirimkan user kepadanya.

Awas, Ada Dua Aplikasi Dompet Cryptocurrency Palsu di Play Store!
Aplikasi dompet cryptocurrency palsu di Play Store, All Crypto Currency Wallet (eksklusif/Technologue.id)

Baca juga:

Hati-hati Malware Mining Berkeliaran di Facebook Messenger!

Tak hanya itu, dua aplikasi palsu di atas bahkan menyediakan tautan afiliasi dari Changelly, sebuah layanan yang membantu pemilik cryptocurrency menukar koin mereka dengan nilai tukar terbaik yang ada. Ketika pengguna mengeklik tautan afiliasinya dan menukar cryptocurrency yang mereka miliki dengan Changelly, CryptoWallmart, selaku pengembang ADA Cardano Crypto Wallet dan All Crypto Currency Wallet, akan mendapatkan 50 persen dari pendapatan dari Changelly.

Baca juga:

Microsoft: Selamat Tinggal, Password!

Saat berita ini diturunkan, kedua aplikasi itu telah dihapus. Namun sebagai langkah antisipatif ke depannya, usahakan mempersenjatai perangkat Anda dengan anti-virus, selalu membaca ulasan dari pengguna lain sebelum mengunduh aplikasi apa pun, serta mencermati permintaan izin dari tiap aplikasi. Apabila permission yang diminta tidak wajar, berpikirlah dua kali untuk mengunduhnya.

 

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More