Technologue.id, Jakarta – AR Emoji memang menjadi salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy S9. Teknologi ini memungkinkan pengguna mengubah fotonya menjadi emoji dalam bentuk GIF atau stiker. AR Emoji ini bekerja dengan mendeteksi wajah penggunanya melalui kamera depan Samsung Galaxy S9. Cara menggunakanya cukup mudah. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Pasar Global Sepi, di Indonesia Samsung Galaxy S9 Disambut Baik

  1. Langkah pertama, akses kamera depan
  2. Pilih mode AR Emoji
  3. Arahkan ponsel ke wajah Anda, lalu foto selfie. Pastikan wajah Anda dapat dipindai dengan benar oleh kamera depan Samsung Galaxy S9. Dekatkan wajah Anda ke kamera depan. Sebaiknya, ketika melakukan ini posisi tubuh Anda dalam keadaan tegak. Jika Anda menggunakan aksesoris seperti kacamata, topi, alangkah baiknya dilepas dulu agar sensor kamera depan ponsel ini bekerja dengan baik.
  4. Usai foto selfie, Anda akan diberi opsi jenis kelamin Pria atau Wanita. Lalu pilih sesuai dengan jenis kelamin Anda
  5. Selanjutnya avatar Anda dalam versi standar tanpa aksesoris akan mucul di gawai ini
  6. Kemudian akan muncul beberapa opsi warna kulit untuk avatar Anda. Anda juga bisa mengatur tingkat kecerahan warna kulit Anda. Pengaturannya terlihat seperti brightness and kontras. Tap tombol plus untuk mendapatkan warna kulit yang lebih cerah dan tombol minus untuk warna kulit yang lebih gelap. Sesuaikan warna kulit Anda agar tingkat kemiripannya 100%.
  7. Anda dapat mengkustomisasi avatar Anda akan terlihat lebih mirip dengan aslinya seperti model rambut, aksesoris, pakaian dan lainnya. Terdapat model rambut standar yang bisa Anda pilih seperti gaya rambut disisir ke belakang, mohawk, spike, botak dan lainnya. Aksesoris seperti kacamata juga dapat Anda pilih. Beragam jenis pakaian pun dapat Anda gunakan.
  8. Setelah semuanya selesai, tekan OK
  9. Pilih OK jika Anda ingin menyimpannya di galeri. File yang disimpan di galeri akan hadir dalam format FIF dan stiker. 20 stiker emoji dalam format GIF secara otomatis tersimpan di galeri. Selanjutnya Anda dapat menggunakan emoji yang Anda ciptakan.
Kustomisasi AR Emoji (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

Baca juga:

- Advertisement -

Galaxy S9 “Disiksa”, Sanggupkah Bertahan?

Selain bisa disimpan dalam format GIF, stiker emoji tersebut dapat menirukan berbagai mimik wajah. Untuk melakukannya, akses menu AR Emoji pada kamera selfie. Kemudian pilih emoji yang Anda buat. Selanjutnya arahkan kembali kamera depan ke wajah Anda, lalu ekspresikan wajah Anda sesuka hati, maka emoji tersebut akan mengikuti mimik wajah Anda.

Menggunakan AR Emoji (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

Samsung mengklaim bahwa teknologi AR Emoji ini sangat akurat dalam memindai wajah penggunanya. Untuk membuktikan hal tersebut, kami tim Technologue.id menjajal langsung kecanggihan teknologi AR Emoji ini saat acara Consumer Launch Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9+ di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (16/03/2018). Saat mencobanya, nyatanya teknologi AR Emoji ini sangat akurat dalam memindai wajah saya. Pada saat sensor kamera depan memindai wajah, saya melepas aksesoris seperti kacamata dan topi saya serta merapikan rambut seperti yang disebutkan dalam tips diatas.

AR Emoji (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

Kami mencoba dua kali agar wajah kami terlihat mirip dengan aslinya. Intinya, Anda harus memposisikan wajah Anda dengan tepat agar terdeteksi secara maksimal oleh sensor kamera depan Galaxy S9. Sayangnya, Teknologi AR Emoji ini hanya mampu menscan wajah saja. Anggota dan gerak tubuh lainnya tidak bisa dideteksi oleh teknologi tersebut.

Baca juga:

Galaxy S9 “Disiksa”, Sanggupkah Bertahan?

Emoji yang dihasilkan terlihat lebih natural. Misalnya, jika Anda memiliki jenggot atau kumis, teknologi AR Emoji tersebut tidak menghilangkannya. Anda juga dapat membagikan stiker emoji tersebut melalui instant messenger kepada orang terdekat.

Hadir pula karakter Disney The Incredibles, Zootopia, Frozen dan Mickey Mouse yang dapat dipilih untuk stiker emoji Anda. Mengingat Samsung telah bekerjasama dengan Disney untuk menghadirkan karakter animasinya dalam teknologi AR Emoji.