Technologue.id, Jakarta – Go-Jek terus memperluas adopsi platform pembayaran digital Go-Pay ke sektor layanan publik.

Perusahaan ride-hailing karya anak bangsa itu bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Surabaya memperkenalkan E-volution Cashless Payment sebagai inovasi pembayaran PNBP SIM dan SKCK secara elektronik.

Baca juga:

Kompetisi Go-Jek vs Grab Berlanjut ke Arena Regional

Dengan sistem ini, masyarakat tidak perlu menggunakan kartu atau mengeluarkan uang tunai lagi karena semua transaksi bisa dilakukan menggunakan Go-Pay.

- Advertisement -

Kombes. Pol. Rudi Setiawan, Kapolrestabes Surabaya, mengatakan, “Jadi, masyarakat cukup membawa handphone saja, langsung scan kode QR-nya, lalu langsung bisa bertransaksi.”

Baca juga:

Usik Kemapanan Grab, Go-Jek Resmi Uji Coba Layanan di Singapura

Ia menekankan bahwa program ini merupakan upaya Polrestabes Surabaya untuk mewujudkan transparansi dan meminimalkan praktik pungutan liar (pungli) oleh petugas pelayanan serta meningkatkan efisiensi layanan publik.

“Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Maka dengan kehadiran inovasi ini di Kota Surabaya, kami berharap bahwa dampak positif yang ditawarkan dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas,” ujar Damar Juniarto, VP Regional Public Policy and Government Relations Go-Jek.

Baca juga:

Saat Persaingan Go-Jek dan Grab Merambah ke Kuliner

Selain Surabaya, kemudahan serupa telah diluncurkan di enam kota lainnya, yaitu Gresik, Bekasi, Mojokerto, Sidoarjo, Pacitan, dan Madiun.

Pengguna yang ingin melalukan pembayaran PNBP SIM dan SKCK, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi Go-Jek dan memilih menu “Bayar” untuk melakukan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran SIM dan SKCK. Setelah itu, masukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.