Technologue.id, Jakarta – Setelah sekitar 9 bulan setelah diluncurkan, penggunaan sistem operasi Android Pie versi 9 kini mulai tumbuh secara perlahan-lahan. Walaupun jumlahnya belum sebanyak sistem operasi generasi sebelumnya, diperkirakan penggunaan Android Pie bakal terus meningkat.

Baca Juga:
Android Pie Sambangi Samsung Galaxy J8

Mengutip dari TheVerge (07/05/19), Google dikabarkan baru saja mengumumkan kalau sistem operasi Android Pie kini sudah digunakan oleh 10,4 persen perangkat Android di seluruh dunia. Pencapaian ini diraih setelah sistem operasi tersebut diluncurkan pada 6 Agustus 2018 lalu.

Hingga saat ini, jika dibandingkan dengan seluruh versi, penggunaan Android Oreo (versi 8.0 dan 8.1) masih mendominasi dengan angka 28,3 persen. Setelah itu, diikuti oleh Android Nougat (versi 7.0 dan 7.1) dengan porsi 19,2 persen. Sementara Android Marshmallow dan Lollipop masing-masing mendapatkan posi 16,9 persen dan 14,5 persen.

Baca Juga:
Realme Janjikan Update Android Pie di Bulan Juni

Jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, penetrasi sistem operasi terbaru buatan Google kali ini jauh lebih baik. Pasalnya, pada bulan Mei 2018, Android Oreo hanya terinstall pada 5,7 perangkat Android. Pada saat itu, Android Oreo pun umurnya belum sampai satu tahun.

Kemungkinan besar, pangsa pasar Android Pie ke depannya akan terus bertambah mengingat semakin beragamnya desain dari sebuah gadget, seperti smartphone layar lipat, layar poni, pop-up camera, dan lain sebagainya.