Technologue.id, Jakarta – Blibli.com kembali menyelenggarakan kompetisi wirausaha The Big Start (TBS) guna meningkatkan kapasitas dan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam negeri.

Acara tahunan yang digelar keempat kalinya ini mengambil tema Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu. Kompetisi ini didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Universitas Prasetiya Mulya.

Baca Juga:
Kinerja Q1 2019 Positif, Blibli.com Makin Utamakan Kepuasan Pelanggan

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com, mengatakan melalui program tersebut, tidak hanya mendukung dan memasarkan UMKM lokal tetapi juga memberikan peluang UMKM dalam negeri bisa menjadi perusahaan global ditengah persaingan digital.

Adapun Blibli.com akan memperkuat kapasitas creativepreneur muda dengan dua inisiatif yakni pertama melalui kompetisi TBS Season 4 dan kedua dengan Galeri Indonesia, yaitu platform penjualan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk para creativepreneur.

“Dari sisi Network, kami ingin membantu distribusi produk mereka baik secara nasional dan internasional. Kami akan mengusung pendekatan marketing 4.0 untuk dua inisiatif ini. Itu seperti mengutamakan kolaborasi, jaringan serta sinergi antara online dan offline dalam mengembangkan usaha di era digital. Ini sebagai modal kemampuan mereka melayani pasar yang dituju,” ujar Andy, di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Melalui kompetisi ini, Blibli mencari creativepreneur berusia muda yang memiliki potensi besar. Terdapat empat kategori utama di kompetisi ini, yaitu kuliner, fashion, kriya, kesehatan dan kecantikan (KKE).

Baca Juga:
Blibli.com Lakukan Penggalangan Dana Lewat Donasi Online

Ajang The Big Start season 4 akan mulai pada 19 Juni 2019. Blibli pun akan menyambangi tiga kota besar di Pulau Jawa dari bulan Juni sampai Agustus. Berikut jadwalnya: Bandung (28-30 Juni), Yogyakarta (19-21 Juli), dan Surabaya (2-4 Agustus).

Dari ribuan UMKM yang mendaftar, akan dikurasi menjadi top 100 UMKM,dibantu untuk masuk ke platform Blibli. Setelahnya, akan ada program pendampingan oleh tim Galeri Indonesia dan didaftarkan HAKI.

Selanjutnya, akan dipilih top 20 UMKM yang akan diberikan intensive coaching dengan topik seperti mengenai marketing & branding, financial planning, public speaking. Dari top 20 itu akan dipilih empat UMKM yang akan mendapatkan pendanaan untuk pengembangan bisnis.

Dijanjikan Andy, TBS Season 4 menawarkan hadiah total senilai Rp 1,3 miliar yang bertujuan mengasah kemampuan bisnis anak muda agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Kali ini, dari segi pendanaan atau funding, total hadiah yang akan kita berikan kepada calon pemenang UMKM yang akan bergabung dengan kita itu mencapai 1,3 miliar Rupiah. Lumayan untuk menjadi modal dasar usaha,” katanya.

Ketentuan Ikut The Big Start
1. Peserta adalah WNI berusia 18-35 tahun, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan tidaksedang menjalani atau terancam hukuman pidana.
2. Peserta yang terpilih sebagai Top 100 harus bersedia menjadi merchant Blibli.com.
3. Jika peserta berhasil lolos ke Top 20, peserta diwajibkan menjalani Mentorship Week
4. Tidak diperkenankan menjual jasa/barang bersifat intangible dan usaha tersebut harus sudah berjalan selama 1 tahun.
5. Barang harus sesuai dengan kategori yang disebutkan dan bukan bisnis Multi Level Marketing/lisensi/franchise.
6. Bisnis yang dijalankan paling tidak mempunyai 2 jenis barang dan memiliki kemasan (packaging) serta memiliki stok minimum siap jual 100 items setiap jenisnya.
7. Barang yang dihasilkan asli produksi sendiri yang dibuat di Indonesia (bahan baku boleh impor) dan tidak boleh barang reseller/distributor.
8. Jika barang tersebut berupa makanan, harus memiliki kadaluarsa lebih dari 3 bulan.