Technologue.id, Jakarta – Pagelaran puncak tradisi belanja terbesar Ramadan Ekstra, yang jatuh pada tanggal 17 Mei 2019, memecahkan rekor baru. Tokopedia sukses mencatat volume transaksi yang luar biasa dalam satu hari tersebut.

Di hari puncaknya, nilai transaksi yang terjadi dilaporkan setara dengan akumulasi nilai transaksi sepanjang enam tahun pertama mereka beroperasi, yakni dari Agustus 2009 sampai Juni 2015. Lebih dari 6000 barang terjual setiap menitnya pada pucak Ramadan Ekstra 2019.

Baca Juga:
Persiapan Tokopedia Hadapi Lonjakan Pesanan Saat Ramadhan

Bukan itu saja, total nominal transaksi (Gross Merchandise Value) selama bulan Mei juga mengantongi hasil tertinggi yang pernah dicapai oleh perusahaan e-commerce lokal itu sampai saat ini, dengan nilai US$ 1,3 miliar atau lebih dari Rp 18,5 triliun.

- Advertisement -

Dikatakan William Tanuwijaya, Co-founder dan CEO Tokopedia, transaksi ini terjadi dari 97 persen kecamatan di Indonesia, dengan melibatkan 5,9 juta penjual yang juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia, di mana mayoritas penjual adalah pebisnis baru.

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital, Ramadan Ekstra menjadi momentum validasi dampak pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru lewat digital,” kata William, saat pengumuman pencapaian ini di Tokopedia Tower, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca Juga:
Kelola Ekosistem Logistik, Tokopedia Bangun Layanan Gudang Pintar

Selain menjajakan ragam produk selama bulan puasa lalu, Tokopedia juga menjadi platform pilihan pengguna untuk menyalurkan donasi dan sedekah secara digital. Lebih dari Rp7 miliar donasi dan zakat telah terkumpul di Tokopedia selama bulan Ramadan 2019.

Usai periode emas tersebut, Tokopedia berjanji akan lanjut menghadirkan kejutan-kejutan baru dan produk-produk menarik lainnya yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Bahkan akan ada program seru yang akan dihadirkan menjelang ulang tahun perusahaan yang kesepuluh di bulan Agustus mendatang.