Technologue.id, Jakarta – Tokopedia melakukan serangkaian persiapan dalam menghadapi lonjakan pesanan saat bulan Ramadhan tahun ini. Persiapan yang dilakukan platform e-commerce ini mulai dari sisi infrastruktur, ketersediaan stok barang di merchant, sampai logistik.

Diakui Inna Chandika, VP of Merchants Tokopedia, persiapan perusahaan untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini telah dilakukan dari jauh hari. Hal ini dilakukan agar pengalaman belanja online makin nyaman dan aman tanpa ada gangguan apa pun.

Baca Juga:
Tokopedia Gelar Semarak Ramadan Ekstra Sambut Hari Puncak Belanja Online

“Demi persiapan hari Puncak Ramadhan Eksta 17 Mei, kami sudah melakukan persiapan dari bulan Desember 2018. Baik dari tim IT maupun tim Produk. Dari tim Produk kami terus melihat ada improvement apa. Lalu juga ada kesiapan dari segi reliability. Kami harap dengan kerja keras ini di hari Puncak semua pengguna bisa belanja dengan Tokopedia dengan senang dan kami harap semoga tidak ada down time,” ujar Inna.

Untuk antisipasi fraud ditegaskan Tokopedia sudah dilakukan setiap harinya tak hanya saat puncak Ramadan Ekstra. Setiap karyawan Tokopedia hanya diperbolehkan ikut dalam program gratis ongkir dan cash back, namun untuk undian umrah dan mobil, tak diperbolehkan bagi karyawan Tokopedia.

“Pemenang undian akan kami kroscek datanya, bahwa yang menang ini bukan karyawan Tokopedia,” sambungnya.

Baca Juga:
Tiga Aktivitas Ngabuburit Paling Diminati Pengguna Tokopedia

Sementara itu, kesiapan dari segi pengiriman logistik, pihak Tokopedia menjamin semua barang yang dikirim akan sampai sebelum Lebaran. Mereka sengaja membangun waktu yang cukup agar proses pengiriman barang bisa dilakukan sesuai estimasi. Tokopedia juga memiliki based line performance dasar yang harus diisi untuk partner logistik untuk mengetahui sejauh mana proses pengiriman yang dilakukan.

“Kami dengan semua partner logistik sudah wanti-wanti, inget ya persiapan dari sisi kapasitas terlebih dulu. Dan mereka pun sudah melakukan persiapan yang cukup untuk hari Puncak ini,” tutur Ina.

Data terbaru saat ini, coverage pengiriman Tokopedia sudah menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia. Sementara 3 persen sisanya itu belum terjamah kebanyakan di Indonesia Timur.

“Hampir seluruh Indonesia sudah menikmati sale di Tokopedia,” tutur Nuraini Razak, VP of Corporate Communication Tokopedia.