Technologue.id, Jakarta – Penghasilan menjadi pemain game online profesional bahkan atlet esports rupanya mulai menjanjikan. Upah mereka bisa saja lebih besar dari pekerja kantoran sekalipun, walau masih tergolong pemain baru.

“Kisaran harga debut, misalkan dari level trial atau magang, kita juga ada kontrak junior, itu semua tentatif. Range (gajinya) bisa mulai dari satu sampai dua digit,” kata Justin Widjaja, Manager Director Onic, ketika mengisi acara #GeekTalkforGamers, di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta, Sabtu (28/6/2019).

Jumlah tersebut masih bisa bertambah kala mendapatkan bonus atau memenangkan pertandingan kompetisi.

Dalam memilih anggota timnya, Onic melakukan pencarian bakat ke lapangan, menyusuri setiap pemain muda potensial yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, kadang pencarian pemain esports bahkan melibatkan proses transfer layaknya pertukaran pemain di dunia sepak bola.

“Kami juga mengambil pemain dari daerah yang masih sekolah. Diajak ke Jakarta, mereka mau. Tapi kan perlu ada izin orang tua. Jadi permasalahannya bukan di umur, tapi di orang tua yang belum tentu kasih ke Jakarta,” ujarnya.

Tak bisa dipungkiri, esports memang telah menjadi satu ajang olahraga terbaru yang akan mengubah peta industri olahraga konvensional sebelumnya. Optimisme terhadap masa depan olahraga masa depan ini akan semakin membuncah seiring dengan berkembangnya teknologi.

Ditambahkan Indra Hadiyanto, Chief Operating Officer tim esport Alter Ego, pandangan negatif masyarakat terhadap kegiatan olahraga elektronik ini juga berangsur kabur.

“Talent banyak, dan karir di esports juga banyak yang bisa di explore. Pelan tapi pasti orang tua sudah melek (terhadap profesi game player). Diharapkan beberapa tahun ke depan para pemain wajib sekolah sembilan tahun. Karena player ada masa keemasan juga,” jelas Indra, di kesempatan acara yang sama.

Technologue.id kembali menghelat acara #GeekTalk untuk menanggapi isu terkini yang memiliki urgensi serta daya tarik tinggi di dunia teknologi. Mengambil tempat di Akademi Cafe Bendungan Hilir, Jakarta, Sabtu (29/06/2019), tema yang diangkat kali ini seputar industri game online yang tengah berkembang di Indonesia.

Acara ini berlangsung sukses dan mendapat respon positif dari para audience dan tamu undangan yang hadir. Mereka juga antusias mendengarkan para pembicara yang dihadirkan di workshop ini, yaitu Justin Widjaja (Managing Director Onic eSport), Indra Hadiyanto (Chief Operational Officer Tim eSports Alter Ego, dan Rezaly S Afhany (Manager eSport Telkomsel).