Technologue.id, Jakarta –  Kovee Jaya membuka tempat bermain dan belajar Virtual Reality (VR) terbesar dan pertama kalinya di Indonesia. Bertempat di Neo Soho, Jakarta Barat, arena ini menyuguhkan pengalaman berbagai macam konten maya maupun nyata dari kebudayaan Korea Selatan yang mendunia.

Kovee VR Theme Park menawarkan berbagai macam konten hiburan, edukasi, dan teknologi di dalamnya. Venue sendiri memiliki hampir ratusan konten korea yang menarik untuk dinikmati, mulai dari K-Pop, K-Drama, VR Karaoke, hingga K-game terkenal seperti Mortal blitz, Beat saber, vrakers, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya soal budaya Korea, pengunjung terutama dari kalangan anak-anak bisa sekalian belajar dan melakukan simulasi peristiwa, seperti memadamkan kebakaran dan melindungi diri saat bencana alam, melalui perangkat VR.

Baca Juga:

Menikmati Beragam Konten NBA Kini Bisa Lewat Tik Tok

Section K-Pop dan K-Drama (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Bermain menggunakan VR (Choiru Rizkia / Technologue.id)
- Advertisement -

Dikatakan Park Joung Hoon, Head Director Kovee Jaya, semua peralatan dan teknologi didatangkan langsung dari Korea, namun hanya Beat saber saja yang berasal dari Ceko. Kovee Jaya bekerjasama dengan beberapa perusahaan–perusahaan broadcast, konten digital dan graphics ternama di Korea. Yang diantaranya, Tomato Production, Macro Graph, KBS (Korean Broadcasting system) dan Kovra (Korea VR AR Industry Association). Ia berharap bisa memadukan teknologi asli Indonesia di Kovee VR Theme Park ini ke depannya.

“Saat ini seratur persen konten dari Korea tapi saya mau nantinya 30 persen konten dari Indonesia,” ujar Park saat peresmian Kovee VR Theme Park di Neo Soho, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Baca Juga:

Konsumen Sudah Tak Bernafsu Beli VR Headset

Bermain menggunakan VR (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Mencoba Jet Ski laiknya di dunia nyata menggunakan VR (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Kovee Jaya memilih Indonesia sebagai negara untuk membuka Kovee VR theme park pertamanya. Hal ini karena popularitas K-Pop di negeri ini sangat besar.

Chou Sangin, Manager Kovee VR, mengatakan “Kami melihat dari pengaruh K-Pop yang sangat besar di Indonesia. Baik dari segi budaya, kulinernya, dan lain-lain. Maka saya kira hal yang tepat pula untuk masuk dan mengembangkan teknologi VR produk Korea di sini.”

Baca Juga:

Pornografi Augmented Reality Nyata Adanya!

Untuk harga permainan yang ditawarkan Kovee VR Theme Park bervariasi. Paling mahal Mortal Blitz memasang tarif Rp140.000 untuk durasi selama 15 menit.

Setelah di Neo Soho, perusahaan berencana menambah arena VR Theme Park di dua lokasi lain di Jakarta, yaitu Aeon Mall di BSD City dan Mal Kelapa Gading. Chou menjelaskan, bahwa konsep gerai VR seperti ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Bukan hanya penggemar budaya Korea saja.

“Semua orang (bisa datang). Bukan hanya untuk orang yang mengetahui K-Pop. Di sini ada EduTech juga buat anak-anak,” tuturnya.