Bill Gates Bakal Redupkan Matahari

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Bill Gates, yang baru-baru ini menyarankan dunia untuk memakan daging sapi sintetis, kembali menuai kontoversi. Kali ini, ia dikabarkan tengah berfokus pada proyek meredupkan matahari.

Seperti dilansir dari Popular Mechanic pada Kamis (1/4/2021), proyek gila ini akan dikerjakan Gates bersama dengan Harvard University melalui program Solar Geoengineering. Nantinya proyek ini akan didanai langsung olehnya.

Baca Juga:

Tak Tertarik ke Mars, Bill Gates Pilih Rawat Bumi


Proyek meredupkan matahari sendiri dilakukan untuk mengatasi masalah perubahan iklim yang selama ini terjadi. Sinar matahari yang berpotensi merusak fisik bumi akan diblokir dengan rekayasa geo surya.

Secara teori, proyek ini mirip dengan penyemaian awan menggunakan pesawat agar menghasilkan hujan. Namun proyek ini lebih ekstrim, dengan menyebarkan partikel Calcium Carbonat (CaCO3) di lapisan atmosfer, tepatnya di stratosfer.

Partikel kimia ini nantinya akan menahan sebagian cahaya matahari dan meredupkan langit sehingga cahaya berlebih yang masuk ke bumi bisa diminimalisir. Dengan begitu diharapkan suhu bumi bisa menjadi lebih dingin.

Baca Juga:

Bill Gates: Investasi Bitcoin Berbahaya


“Kami berencana menggunakan balon raksasa untuk mengangkat material yang dibutuhkan ke ketinggian 20km. Setelah sampai atmosfer material ini akan dilepaskan untuk memblokir cahaya matahari berlebih,” ujar peneliti dibalik proyek ini.

Belum diketahui kapan proyek ini akan mulai berjalan. Yang jelas untuk kelancarannya, Gates dan Harvard masih perlu penelitian lebih lanjut agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kelangsungan dunia.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories