Bocoran Tampilan Android 12, Usung UI Baru

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google akan merilis sistem operasi berikutnya, yaitu Android 12, akhir tahun ini. Sebelum waktu itu tiba, dugaan draf awal dokumen yang dibuat Google untuk merangkum perubahan di Android 12 ditemukan bocor secara online.

Berdasarkan laporan dari xda-developers (8/2/2021), ada screenshot yang menampilkan UI baru dan perubahan fungsional diekstraksi dari dokumen penting untuk partner Google.

Sesuai tradisi menjelang rilis versi stabil, Google memang biasanya membagikan dokumentasi dan kode sumber dengan mitra utamanya untuk memberi mereka waktu untuk mempersiapkan rilis.

Baca Juga:
Android 11 Akhirnya Datang Juga! Ini Fitur Barunya

Terlihat ada empat desain yang bocor di internet. Dari gambar yang tersebar dapat dilihat kalau Google nampaknya akan membuat wallpaper utama tampilan gunung pasir dengan dominasi warna light beige.

Selain itu, Android 12 akan membuat tampilan widget “Percakapan” seperti pesan terbaru, panggilan tak terjawab, atau status beberapa aktivitas yang dibuat membulat dari setiap notifikasi sekarang lebih terlihat.

Widget ini pun menyiratkan bahwa Google berencana untuk mengambil tentpole Android 11 dalam membuat sistem operasi yang berfokus pada orang.

Baca Juga:
HarmonyOS 2.0, Penantang Android dari Huawei

Tak hanya itu, tampilan desain ikon aplikasi dalam Quick Settings juga nampak besar setelah Google mengurangi panel notifikasi dari 6 menjadi 4. Disitu ikon aplikasi Telepon, Chrome, Jam, dan Kamera yang memiliki warna senada dengan wallapaper. Sementara ada juga indikator privasi baru di pojok kanan atas.

Google mungkin menambahkan fitur privasi baru di Android 12. Di versi Android baru, Anda mungkin menerima peringatan berupa indikator status bar setiap kali aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon. Mengetuk ikon bilah status ini dapat menampilkan pop-up di bagian atas layar yang memberi tahu Anda aplikasi mana yang menggunakan kamera atau mikrofon. Google telah menguji chip privasi ini selama lebih dari 2 tahun, jadi alangkah baiknya melihat akhirnya muncul di Android 12.

Kendati demikian, mockup terbaru ini masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories