Bocoran Video Tampilan HarmonyOS, Penantang Android dari Huawei

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Beredar video demo yang memperlihatkan performa Harmony 2.0 pada smartphone Huawei yang diduga Mate 40 Pro. Video empat menit yang bocor di Weibo itu mengungkapkan semua peningkatan besar yang telah diperkenalkan pada OS proprietary tersebut.

Dilansir dari GizmoChina (4/5/2021), perubahan paling menonjol adalah pusat kendali baru, yang dapat ditarik dari sudut kanan atas. Di sudut kiri atas terlihat mesin pencari di dalam ponsel, sementara gerakan ke bawah dasar di mana saja di layar menampilkan notifikasi.

Baca Juga:
Huawei Mulai Distribusikan HarmonyOS 2.0 Versi Developer

Pengamatan menarik lainnya adalah kecepatan buka aplikasi. Aplikasi dibuka jauh lebih cepat daripada yang kita lihat di perangkat Android. Namun perlu diingat, sistem kerja ini pada dasarnya adalah aplikasi asli. Tidak ada jaminan bahwa aplikasi pihak ketiga akan bekerja dengan cara yang sama.

Secara visual, Harmony OS 2.0 cukup dekat dengan apa yang kita lihat di smartphone EMUI 11. Huawei mengklaim OS tersebut sepenuhnya dikembangkan oleh para engineer-nya. Lebih lanjut, beberapa penguji awal telah mengonfirmasi bahwa antarmuka itu tidak berdasarkan pada kernel Android, melainkan platform yang sama sekali berbeda, yang dibangun oleh Huawei dari awal.

Baca Juga:
Uji HarmonyOS Masuk Tahap Akhir, Meluncur April

Huawei pertama kali mengumumkan HarmonyOS 2.0 (juga dikenal sebagai Hongmeng OS 2.0) untuk smartphone di Huawei Developer Conference 2020. Raksasa teknologi tersebut kemudian mulai mendorong versi beta ke model tertentu seperti P30 dan Mate 30 Pro. HarmonyOS 2.0 versi stabil akan mulai diluncurkan pada bulan Juni mendatang, mungkin pada smartphone P50 yang diharapkan akan diluncurkan pada periode yang sama.

HarmonyOS dirancang untuk mengintegrasikan berbagai perangkat pintar dengan mulus untuk koneksi cepat. Desainnya memastikan bahwa layanan dapat ditransfer di antara perangkat untuk menghasilkan pengalaman holistik yang mulus. Video yang bocor menunjukkan HarmonyOS memang menjanjikan sebagai saingan Android yang tangguh tetapi masih harus dilihat apakah OS tersebut benar-benar akan memenuhi harapan.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories