Bootloop pada Nexus 5X dan Nexus 6P Sudah Bisa Diperbaiki

Technologue.id, Jakarta – Secanggih apapun smartphone yang sudah berhasil dibuat, tetap saja ada kekurangan baik dari sisi hardware maupun software, tak terkecuali Nexus 5X dan Nexus 6P. Belakangan ini, pengguna dari kedua smartphone itu mengeluhkan soal terjadinya bootloop yang sulit diatasi.

Saking sulitnya untuk menemukan solusi dari masalah tersebut, beberapa pengguna akhirnya terpaksa untuk menukarnya dengan perangkat yang baru karena masa garansinya yang belum habis. Namun hal tersebut menjadi malapetaka bagi pengguna yang masa berlaku garansinya sudah habis.

NextPowerUp (25/07/17) mengabarkan kalau sudah ada beberapa anggota dari forum XDA Developer yang sudah bisa berhasil mengatasi masalah bootloop pada smartphone Nexus 5X dan Nexus 6P.

Untuk bisa mengatasinya, anggota forum dengan ID XCnathan32 dan rchtk itu memodifikasi sebuah system image dari sistem operasi yang dimiliki oleh Nexus 5X dan Nexus 6P. Setelah itu, mereka menguploadnya melalui forum tersebut.

Dikarenakan bisa diakses secara bebas, pengguna Nexus 5X dan Nexus 6P dapat mendownloadnya secara gratis dan bebas tanpa harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Melalui system image itu, XCnathan32 dan rchtk melakukan modifikasi agar inti prosesor yang dominan bisa dinonaktifkan. Ini membuat smartphone hanya bekerja dengan setengah inti prosesor yang dimilikinya. Walaupun performanya berkurang, setidaknya smartphone tersebut masih bisa difungsikan.

 

Baca juga:

Ini Bukti Google Anak Emaskan Pixel, Nexus Segera “Dibunuh”?

Google Sengaja Downgrade Nexus 6 dari Android 7.1.1. ke 7.0, Alasannya?

Nexus 6 dan Nexus 9 Tak Lagi Dapat Dukungan Google