Technologue.id, Jakarta – Keputusan Jony Ive mengundurkan diri dari posisi prestius Chief Design Officer Apple, menggoyahkan perdagangan saham raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut.

Saham Apple anjlok sebesar satu persen atau senilai US$ 9 miliar (Rp 127 miliar) di perdagangan setelah penutupan pasar menyusul beredarnya kabar tersebut, menurut laporan Gizmodo (27/6/2019).

Padahal di bisnis saham yang mudah berubah, performa perdagangan saham Apple dinilai relatif stabil dan positif.

Baca Juga:
30 Tahun Mengabdi, Jony Ive Mundur dari Apple

Citarasa kuat Ive dalam mendesain berbagai lini produk Apple menjadi magnet tersendiri di balik kepopuleran perangkat berbasis iOS tersebut. Tak ayal, ia dipandang sebagai salah satu orang penting di Apple yang bertanggung jawab atas desain semua produk-produk penting Apple, termasuk iPhone and Mac.

Setelah mundur, ia akan membuka perusahaan desainnya sendiri bernama LoveFrom bersama rekan lamanya sesama desainer Marc Newson. Apple akan menjadi klien perusahaan itu. Keduanya memiliki kesempatan terbuka untuk menjalin kerjasama di berbagai proyek Apple.

“Apple akan terus mendapat manfaat dari bakat Jony dengan bekerja secara langsung dengannya di proyek-proyek eksklusif, dan melalui kerja berkelanjutan dari tim desain yang brilian dan bersemangat yang telah ia bangun,” kata CEO Apple Tim Cook dalam siaran pers.

Ia melanjutkan, “Setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan erat, saya senang bahwa hubungan kami terus berkembang dan saya berharap untuk bekerja dengan Jony jauh ke masa depan.”