Technologue.id, Jakarta – Chief Financial Officer Huawei yang ditangkap pada Desember tahun lalu, Meng Wanzhou, adalah pengguna setia produk-produk Apple atau yang diberi julukan fanboy.

Bloomberg (23/3/2019) melaporkan, saat Meng diciduk di Bandara Internasional Vancouver, Kanada pada 1 Desember lalu, kepolisian Kanada menyita tiga perangkat keluaran Apple, diantaranya iPhone 7 Plus, MacBook Air ukuran 12 inci, dan iPad Pro.

Ironinya, Meng hanya membawa satu ponsel pintar keluaran Huawei yaitu Mate 20 RS berdesain Porsche.

Baca Juga:
Tak Kapok, Huawei Kembali Akali Hasil Foto

- Advertisement -

Informasi ini terkuak berdasarkan berkas pengadilan. Menurut laman Bloomberg, pengacara Wanzhou mengajukan permintaan salinan data yang tersimpan di perangkat-perangkat tersebut. Selanjutnya, Ia meminta agar perangkat tersebut disegel.

Permintaan itu disetujui dan perangkat akan dikirimkan ke bagian pendaftaran Mahkamah Agung British Columbia sambil menunggu assessment hak istimewa antara pengacara-klien, menurut departemen kehakiman.

Sosok Meng sebelumnya tak banyak dikenal oleh khalayak. Meng Wanzhou adalah direktur keuangan Huawei sekaligus putri sulung pendiri perusahaan telekomuniasi raksasa Cina, Huawei.

Meng digadang menjadi salah satu dari empat dewan direksi perusahaan. Promosi jabatan dikabarkan didukung dengan upaya Meng jika kelak dirinya memimpin perusahaan.

Baca Juga:
Diluncurkan, Huawei Nova 4e Bawa Kamera Selfie 32MP

Bukan sekali ini saja dilaporkan karyawan Huawei kedapatan menggunakan perangkat besutan Apple. Sebelumnya, Huawei memotong gaji dua orang karyawan karena memposting ucapan Tahun Baru 2019 di Twitter, dengan menggunakan iPhone.

Sama-sama raksasa teknologi dunia, Huawei dan Apple merupakan pesaing sengit. Huawei menggusur posisi Apple sebagai produsen smartphone terbesar kedua di dunia tahun lalu. Ini adalah pertama kalinya Apple tidak menempati peringkat pertama atau kedua sejak 2010.