HomeHeadlineBSSN Diretas, Muncul Perubahan Halaman Muka

BSSN Diretas, Muncul Perubahan Halaman Muka

Technologue.id, Jakarta – Situs Pusat Malware Nasional milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah diretas.

Situs BSSN dengan domain www.pusmanas.bssn.go.id diserang hacker menggunakan teknik defacement berupa perubahan halaman muka. Muncul tampilan bertuliskan “Hacked by theMxonday”.

Baca Juga:
Data KPAI Bocor, Retas Layanan Pengaduan Online

Informasi peretasan ini dilaporkan oleh salah satu unggahan di Twitter pada Rabu, 20 Oktober lalu oleh @son1x777.

Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Anton Setiawan mengakui situs BSSN telah diretas. Ia membenarkan, peretasan dilakukan pada halaman muka atau defacement.

Deface pada website merupakan peretasan ke sebuah situs dan mengubah tampilannya. Perubahan tersebut bisa meliputi seluruh halaman atau di bagian tertentu saja. Contohnya, font situs diganti, muncul iklan mengganggu, hingga perubahan konten halaman secara keseluruhan.

Baca Juga:
Data Pengguna Aplikasi eHAC Diduga Bocor

Anton menegaskan, saat ini penanganan situs telah dilakukan Computer Security Incident Response Team Indonesia atau CSIRT BSSN. Ia menambahkan, situ tersebut berisi data-data mengenai repositori malware.

“Saat ini penanganan situs tersebut telah dilakukan oleh Tim CSIRT BSSN, dikarenakan situs tersebut berisi data-data mengenai repositori malware,” ujarnya.

Anton menjelaskan, hacker atau pelaku peretasan diindikasikan berasal dari Brasil. Namun saat ini pihaknya masih menelusuri lebih jauh indikasi tersebut.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More