Technologue.id, Jakarta – Eksperimen para vendor ponsel di sektor kamera terus bergulir. Inovasi kamera ponsel tidak hanya soal banyaknya jumlah lensa atau besaran megapixel saja namun juga mengenai desain dan fitur-fitur pendukung.

Atas dasar tren tersebut, Qualcomm pun kabarnya pun meningkatkan beberapa teknologi dalam chipsetnya. Diungkap oleh xda-developers (7/3/2019), manufaktur semikonduktor itu diketahui memperbaharui specs sheet Image Signal Processors (ISP) pada beberapa chipset besutannya. Dalam ubahan tersebut, sektor kamera mendapat banyak pembaruan ketimbang sebelumnya.

Baca Juga:
Ramaikan 5G, 20 Vendor Ponsel Adopsi Qualcomm Snapdragon 855

Qualcomm merevisi beberapa fitur agar kemampuan kamera tunggal dan ganda menjadi lebih baik, seperti pembatasan perekaman gerakan lambat. Selain itu, hadir juga fitur-fitur seperti Hybrid Autofocus.

- Advertisement -

Namun salah satu update yang mendapat sorotan adalah mendukung kamera hingga 192 MP. Beberapa chipset milik Qualcomm yang mendukung resolusi tersebut yakni Snapdragon 855, Snapdragon 845, Snapdragon 710, Snapdragon 675, dan Snapdragon 670.

Baca Juga:
Bikin Prosesor Laptop, Qualcomm Bakal Saingi Intel dan AMD

Ukuran sensor 192 MP di kamera ponsel bukan sekedar bualan. Untuk mampu menyematkan resolusi 192 MP, ISP harus mematikan beberapa fitur canggihnya. Diantaranya fitur Multi-Frame Noise Reduction (MFNR) dan Zero Shutter Lag (ZSL).

Selain itu, jika kemudian nanti ada brand smartphone yang berani membenamkan resolusi 192 MP ini, konsekuensi yang mereka dapatkan adalah tidak akan dapat memasang kamera lain. Bahkan juga kamera selfie. Dukungan kamera 192 MP ini akan berjalan baik bilamana mengadopsi kamera tunggal.