Technologue.id, Jakarta – Kesenjangan antara perangkat mobile dengan komputer semakin hari semakin pudar. Begitu pun dengan industri semikonduktor yang memproduksi prosesor untuk perangkat-perangkat tersebut. Qualcomm yang selama ini dikenal sebagai produsen chipset untuk smartphone pun mulai masuk ke ranah yang lebih luas.

Mengutip dari TheVerge.com (06/12/2018), Qualcomm dikabarkan baru saja meluncurkan prosesor bernama Snapdragon 8cx. Prosesor yang terdiri dari delapan inti prosesor tersebut bukan diproduksi untuk smartphone, melainkan laptop dan perangkat 2-in-1.

Baca juga:

Snapdragon 855, Jawaban Qualcomm untuk Smartphone 5G

Jika dibandingkan dengan sejumlah chipset maupun prosesor yang sudah dibuat Qualcomm, bentuk fisik Snapdragon 8cx adalah yang terbesar. Hal tersebut cukup masuk akal, mengingat laptop membutuhkan kinerja yang lebih kencang ketimbang smartphone.

- Advertisement -

“Ini adalah prosesor PC sungguhan dengan kemampuan multitasking dan produktivitas yang tinggi,” pernyataan Qualcomm kepada TheVerge.com.

Baca juga:

Inilah Brand Smartphone Pertama yang Pakai Snapdragon 855

Tak cuma soal performa, Qualcomm pun menjanjikan bahwa Snapdragon 8cx memiliki konsumsi daya yang rendah sehingga baterai laptop bisa bertahan lama. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka mengandalkan teknologi 7nm pada proses produksinya.

Baca juga:

Qualcomm Dipaksa Bagikan Lisensinya ke Kompetitor

Kedatangan Snapdragon 8cx yang dirancang untuk laptop bisa saja menjadi ancaman bagi pemain lama, seperti Intel dan AMD, bahkan Nvidia sekalipun. Sebab, selama ini Qualcomm berhasil mengintegrasikan dan mengoptimalkan berbagai komponen seperti CPU, GPU, dan modul lainnya dalam sebuah chipset berukuran mungil.