HomeAppsCara "Enyahkan" Bixby dari Samsung Galaxy Note 9

Cara “Enyahkan” Bixby dari Samsung Galaxy Note 9

Technologue.id, Jakarta – Samsung Galaxy Note 9 telah dihadirkan dengan mengusung keunggulan berupa kapasitas baterai dan memori internal yang lebih besar. Namun jangan lupa kalau gawai yang identik dengan aksesori S Pen-nya ini juga memiliki dedicated button untuk memanggil asisten virtual besutan Samsung, Bixby.

Yang sedikit membedakan dengan flagship vendor asal Korea Selatan itu sebelumnya, tombol yang terletak di sebelah kiri bodi Galaxy Note 9 itu sudah tidak bisa diganti atau dinonaktifkan secara tanpa root access. Opsi ini sekarang telah dihilangkan, walau mungkin tak sedikit pengguna Galaxy Note 9 yang ingin menggunakannya untuk memanggil AI lain seperti Google Assistant atau untuk action lainnya.

Baca juga:

Saingi Siri iPhone, Samsung Pertajam Kemampuan Bixby di Galaxy Note 9

Namun kini, sebuah aplikasi bernama bxActions telah menawarkan solusi. Sudah tersedia di Play Store, bxActions mempersilakan Anda untuk remapping tombol Bixby di Galaxy Note 9.
Anda dapat mengganti fungsi tombol Bixby itu untuk mengambil screenshot, menyalakan flashlight, hingga me-mute Galaxy Note 9 Anda. Aplikasi yang dikembangkan oleh Jawomo ini juga memungkinkan Anda menjalankan aplikasi yang telah terpasang di perangkat maupun memanggil Google Assistant. Total, ada 30 action yang ditawarkan oleh bxActions.

Cara Anda memberi perintah pada tombol ini juga bisa disesuaikan, misalnya dengan menekannya sekali, dua kali, atau ditahan selama beberapa saat.

Baca juga:

Bukan Cuma Orang Mapan, Samsung Galaxy Note 9 Juga Bidik Milenial

Cara "Enyahkan" Bixby dari Samsung Galaxy Note 9
Aplikasi bxActions (source: Google Play Store / Jawomo)

Namun, ada beberapa fungsi yang mungkin tak bisa dioptimalkan atau digunakan di Galaxy Note 9. Pasalnya, tak seperti di Galaxy S8, S9, atau flagship Samsung sebelumnya, Note 9 memakai Bixby 2.0. Bedanya yang paling kentara adalah tombol Bixby tak lagi bisa dinonaktifkan, walaupun menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, me-remap-nya menjadi solusi terbaik sementara ini apabila Anda ingin lebih memaksimalkan tombol pemanggil Bixby itu.

Baca juga:

Galaxy Note 9 Kemahalan? 5 Gawai Ini Berbaterai Jumbo dan Lebih Murah!

Kalau penasaran ingin menggunakannya, unduh saja aplikasi yang telah di-download lebih dari 1 juta kali ini. Gratis, kok, meski terdapat juga versi Pro alias berbayarnya.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More