Technologue.id, Jakarta – Facebook ingin mendukung perjalanan para kreator lokal, baik yang baru meniti bisnis maupun yang sudah memiliki jutaan penggemar. Jejaring sosial terbesar di dunia itu akan mengadakan acara Facebook Creator Day pertama kalinya di Indonesia, untuk mendukung para kreator kreator dalam membangun bisnis mereka.

Facebook membantu para kreator terhubung dengan para penggemar melalui konten video dengan menghadirkan layanan Facebook Watch, melalui berbagai macam fitur mulai dari fitur Live With, Facebook Stories, Polling, Premiere, hingga Watch Party.

Baca Juga:
Facebook Tumbang, Telegram Kecipratan Berkah

Khusus untuk fitur Watch, penguna kini bisa menemukan konten video melalui berbagai cara, bukan hanya melalui Newsfeed. Pada tahap percobaan, perusahaan menemukan bahwa pengguna merasa senang menemukan dan menonton beberapa kombinasi acara dan video pada fitur Watch. Dengan demikian video yang dibuat kreator dapat lebih mudah ditemukan dan ditonton oleh lebih banyak pengguna dengan muncul di fitur ini.

- Advertisement -

‚ÄúPara kreator di Indonesia sangat dinamis dan inspiratif, maka dari itu kami ingin mendukung perjalanan mereka,” kata Revie Sylviana, Entertainment Partnership Lead, Facebook Indonesia.

Selain itu, Facebook juga terus berinvestasi pada fitur-fitur yang dibutuhkan kreator untuk mengatur dan mengontrol konten mereka di Facebook. Hal ini bertujuan mempermudah mereka dalam menjaga eksistensi di platform. Fitur-fitur yang disediakan antara lain situs Facebook for Creators dan Rights Manager untuk komunitas kreator.

Baca Juga:
Facebook Segera Terapkan Enkripsi untuk Pesan Singkat

Sementara untuk memperoleh pendapatan, Facebook menyediakan cara yang berbeda-beda bagi kreator, sehingga mereka dapat menentukan bisnis model apa yang sesuai dengan gaya konten dan komunitas mereka.

Sebagai contoh, kreator dengan durasi konten yang lebih panjang dapat memonetisasi secara efektif melalui iklan. Iklan akan muncul pada konten video yang memiliki durasi konten lebih dari 3 menit. Konten orisinal yang mampu mengumpulkan orang dan menghasilkan komunitas yang setia akan memiliki peluang bisnis lebih besar.

“Kami telah mengenalkan program Ad Breaks di Indonesia. Saat ini kreator dapat mulai memiliki pendapatan dari iklan yang ditayangkan di video mereka,” tutur Revie.

Dalam waktu dekat, kreator dengan super-fans atau konten yang sangat spesifik dapat memperoleh pendapatan dari audience mereka melalui langganan untuk penggemar atau digital goods. Konten bermerek dapat bekerja sama dengan beberapa kreator yang memiliki audience yang ingin dijangkau oleh merek tersebut.