Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara Memanfaatkan TikTok Untuk Membangun Bisnis Baru
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kondisi pandemi yang terjadi sejak beberapa bulan lalu memang mengubah tatanan hidup banyak orang, termasuk dari segi pekerjaan. Banyak yang akhirnya banting setir untuk membuka bisnis kecil dan memanfaatkan bakat lainnya untuk menjadi sumber pemasukan baru. Di TikTok, ada beragam konten yang dapat dimanfaatkan untuk belajar cara membangun ataupun mengembangkan bisnis, lho. Mari kita simak!

You’re not alone, belajar yuk dari pengalaman para pebisnis lain

Banyak orang kreatif yang dapat ditemukan di TikTok, tidak terkecuali mereka yang memanfaatkan kreativitas dan pengetahuannya untuk mengubahnya menjadi suatu bisnis baru. Ada Bitna Handcraft yang gemar membuat pernak-pernik dan akhirnya menjual karya buatannya di e-commerce, ada Goldenbees yang belajar soal madu sampai berani berjualan, atau ada Haidhar Wurjanto yang memulai bisnis jualan es teh bersama teman-temannya dan sekarang sukses besar. Melalui akun TikToknya, mereka berbagi cerita bagaimana cara membangun bisnisnya, mulai dari menentukan packaging, cara memasarkan produknya, berapa modal awal mereka, hingga cerita jatuh bangunnya mereka yang pasti bisa menginspirasi calon pebisnis lainnya.

Serap dan terapkan tips dari para ahli ini

Bagaimana cara menentukan harga? Bagaimana cara menentukan keyword di search engine supaya produk kamu mudah ditemukan di internet? Bagaimana cara membuat video atau foto produk yang keren? Nah pertanyaan-pertanyaan ini bisa terjawab dengan mengikuti beberapa akun ini, seperti Christina Lie seorang pebisnis online yang berbagi banyak tips termasuk cara menghadapi pelanggan dan rahasia menentukan harga, William Sudjana yang mengajarkan bikin konten sosmed hingga video produk hanya dengan menggunakan ponsel dan perangkat sederhana, Zaki yang membagi tips seputar cara pembuatan logo dan penentuan keyword, atau Abigail Michelle yang bisa memanfaatkan produk yang ada di rumah sebagai properti foto produk. Keren-keren banget lho tipsnya!

Rekrut tim yang solid dan kreatif

Kalau bisnisnya sudah semakin berkembang dan kamu membutuhkan bala bantuan pegawai, TikTok juga bisa dimanfaatkan sebagai cara merekrut orang baru, yang tentunya kreatif. Seperti yang dilakukan perusahaan Smartfren, dimana baru-baru ini mereka mengadakan challenge #ProveWhoYouAreFromHome sebagai salah satu persyaratan rekrutmen pegawai barunya. Kreatif banget!

Promosi di TikTok

Sebar informasi ke pengguna lainnya di TikTok tentang bisnis kamu, dengan berbagai cara. Bisa seperti Bittersweet by Najla yang gemar mengikuti trending challenge di TikTok supaya mendapat banyak views, atau bisa juga memanfaatkan fitur TikTok for Business dimana kamu bisa beriklan di TikTok dengan cara yang fleksibel dan efisien. Seru ya!

Untuk tahu berbagai tips berguna tentang bisnis lainnya, inilah beberapa tagar yang bisa kamu kunjungi, antara lain #samasamabelajar, #bisniskecilku, #berbagiilmu, dan #berbagiskill. Selamat belajar bisnis!

SHARE:

7 Video Terpopuler di TikTok Sepanjang 2023, Ada yang Mencapai 554 Juta Penayangan

Daftar Video Viral TikTok 2023, Ada yang Ditonton Sampai 504 Juta Views