Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara Memulihkan Akun Instagram yang Telah Diretas
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kehilangan akses akun Instagram karena diretas (hacked) merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, Instagram terus berupaya mengembangkan serangkaian fitur untuk mencegah terjadinya peretasan (hacking), serta membantu pengguna memulihkan akun mereka yang diretas. Jejaring sosial berbagi foto dan video singkat itu memberikan beberapa pembaruan fitur untuk mengamankan akun yang diretas.

  • Instagram melakukan uji coba sebuah fitur yang akan membantu pengguna mengambil alih akun mereka yang diretas.
  • Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun terganti.

Baca Juga: Menjelajah Instagram Kini Lebih Hemat Kuota, Begini Caranya

Uji coba kemampuan untuk mengambil alih akun yang diretas Pengguna dapat mengakses fitur ini apabila Instagram mendeteksi bahwa pengguna memiliki kesulitan untuk masuk ke dalam akun Instagram (misalnya, pengguna berulang kali memasukkan password yang salah) atau Pengguna mengetuk “Masalah login?” pada halaman “Lupa kata sandi?”. Instagram kemudian akan meminta pengguna untuk memasukan beberapa informasi personal, seperti alamat email dan nomor telepon yang terasosiasi dengan akun Instagram mereka, atau alamat email maupun nomor telepon yang mereka gunakan saat mendaftar Instagram. Setelah itu, Instagram akan mengirimkan kode 6 angka ke kontak informasi yang pengguna pilih, sehingga memungkinkan mereka untuk mengambil alih kembali akses akunnya. Ketika mereka telah berhasil mengakses akunnya, Instagram akan mengambil beberapa upaya tambahan untuk memastikan agar peretas tidak dapat menggunakan kode yang dikirimkan ke alamat email maupun nomor telepon pengguna untuk mengakses akun dari perangkat yang berbeda. Melalui uji coba fitur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun pengguna, telah diubah oleh peretas. Instagram terus berupaya untuk semakin meningkatkan fitur ini dan dalam beberapa bulan ke depan, Instagram berharap dapat memudahkan pengguna untuk memulihkan akun secara langsung dalam aplikasi, tanpa bantuan dari tim operasional komunitas Instagram.

Baca Juga: Facebook Jauhi Huawei, Ponsel Terbaru Tak Akan Terinstal Instagram dan Whatsapp

Fitur untuk memastikan nama akun lama pengguna tetap aman dan tersedia selama beberapa saat setelah nama akun terganti "Kami mengamati saat seseorang kehilangan nama akun mereka karena diretas atau mereka mengganti nama akunnya secara sengaja, nama akun lama mereka dapat diambil oleh orang lain dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun pengguna akan tetap aman selama beberapa waktu setelah nama akun tersebut terganti. Artinya, nama akun lama pengguna tidak dapat diambil oleh orang lain, jika mereka kehilangan akses terhadap akunnya," demikian keterangan resmi dari perusahaan. Dengan fitur ini, Instagram memberikan kepastian bagi pengguna bahwa nama akun mereka tidak akan dapat diambil alih oleh orang lain setelah terganti selama beberapa saat. Dalam beberapa kasus peretasan akun bisnis maupun figur publik, fitur ini dapat mencegah munculnya akun tidak otentik di Instagram. Fitur untuk menjaga nama akun Instagram selama beberapa saat ini telah tersedia untuk perangkat Android dan akan mulai tersedia secara bertahap untuk perangkat iOS.

SHARE:

Pemilik Wuling Cortez Curhat di Instagram, Mobilnya Banyak Masalah

Instagram Kini Izinkan Pengguna Mengedit Pesan DM