Technologue.id, Jakarta – Facebook ambil sikap dalam aturan boikot produk Huawei. Perusahaan jejaring sosial terbesar dunia itu tidak lagi membenamkan sejumlah aplikasi unggulannya dalam smartphone Huawei keluaran terbaru.

Artinya, aplikasi bawaan ponsel Huawei terbaru tidak akan langsung terinstal Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Baca Juga:
Peminat Smartphone Huawei Ternyata Masih Banyak di Negara Ini

Meski begitu, dilaporan Reuters (7/6/2019), pengguna masih bisa memasangnya dengan mengunduhnya secara manual di toko aplikasi. Pengguna pun masih akan mendapat update aplikasi melalui Play Store.

Keputusan ini hanya berlaku bagi ponsel keluaran terbaru dan tidak termasuk ponsel yang sudah dijual, sedang dalam masa penjualan, atau stok yang sudah diproduksi sebelumnya.

“Untuk semua perangkat yang telah dijual, sedang dalam penjualan atau stok, aplikasi semacam Facebook, WhatsApp dan Instagram bisa dipakai atau di-download secara normal,” tulis Huawei Inggris.

Baca Juga:
Tak Lagi Boleh Pakai Android, Huawei Kembangkan Ark OS?

Aturan ini tentunya berbeda dengan keputusan Google yang secara permanen memutus akses untuk seluruh layanannya kepada produk-produk Huawei. Perusahaan China itu ditendang dari ekosistem Google, mulai dari kehilangan lisensi Android-nya dan perangkatnya tidak akan lagi menerima pembaruan Android.

Lebih parahnya lagi, smartphone-smartphone Huawei yang rilis di masa depan tidak akan dapat mengakses Play Store dan aplikasi Google semisal Gmail dan YouTube.