Technologue.id, Jakarta – Sebagian para pengguna Windows di desktop pasti sudah terbiasa dengan informasi arsitektur komputer 32-bit atau 64-bit. Untuk mendapatkan informasi itu pun mudah saja. Anda hanya tinggal masuk ke My Computer, lalu klik kanan dan pilih opsi Properties.

Namun, hal yang sama tidak berlaku di perangkat Apple, apalagi di iPhone. Padahal, informasi seperti ini penting karena sebentar lagi iOS tak akan mendukung aplikasi yang masih memanfaatkan arsitektur 32-bit.

Ya, memasuki iOS versi 11, Apple tak lagi peduli dengan aplikasi-aplikasi lawas. Praktis, ada lebih dari 150 ribu aplikasi di App Store yang tidak kompatibel dengan iOS 11.

Keadaan seperti ini sebenarnya tricky. Apabila Anda tak sama sekali menggunakan aplikasi 32-bit itu, maka jangan ragu untuk segera update OS. Akan tetapi kalau Anda punya beberapa aplikasi andalan dan tak ingin kehilangannya, lebih baik tunda dulu hasrat untuk menikmati iOS 11.

Nah, untuk mengetahui apakah aplikasi yang ada di iPhone Anda masih 32-bit atau sudah 64-bit, begini caranya, seperti dikutip dari AddictiveTips:

1. Buka Settings. Lalu pilih General > About.

2. Kalau sudah, sentuh opsi Applications. Dari sini, Anda akan dibawa ke pengaturan dan informasi App Compatibility.

Mencari aplikasi 32-bit di iPhone (source: AddictiveTips)

Di iOS 10, Anda bakal mendapati pemberitahuan berupa aplikasi yang akan melambatkan kinerja device Anda. Aplikasi-aplikasi itu faktanya adalah aplikasi 32-bit yang lama sekali tidak diperbarui oleh developernya.

Besar kans, aplikasi-aplikasi tersebut akan segera dihapus dari iOS atau tak bisa lagi digunakan di iOS 11.

3. Sekadar tips, sebelum Anda memutuskan untuk menghapus aplikasi lawas itu, silakan cek apakah sudah ada pembaruannya di App Store. Bisa juga mengecek laman dari developer terkait rencana pembaruannya.

Kalau ada, maka pakai saja iOS 11, toh aplikasi itu masih tetap “hidup”. Namun sekali lagi, kalau Anda lebih sayang dengan aplikasi tersebut daripada sistem operasi, maka tetaplah di iOS 10 saja.

 

Baca juga:

Begini Cara Menghentikan Auto-Translate di Facebook

Harus Coba, Ini 3 Cara Gratis Menangkal Ransomware!

Jangan Dicoba, Uber Akan Tendang Mitra yang Lakukan 5 Hal Ini!