Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp

Technologue.id, Jakarta – Dark mode atau mode gelap di WhatsApp memang belum dirilis secara resmi. Dark Mode ini sendiri ditemukan di WhatsApp Beta versi 2.20.13, atau penyebarannya masih terbatas. Namun jika Anda sudah tak sabar, ada cara untuk menjajalnya.

Untuk pengguna Android yang ingin mencoba mode gelap WhatsApp, Anda bisa mendownload Android Q yang saat ini tersedia dalam versi beta.

Baca Juga:
WhatsApp Akhirnya Punya Mode Gelap

Masuk ke menu Settings (pengaturan) -> Display -> Select Theme -> Dark. Ini adalah tema gelap bawaan yang ditambahkan Google pada Android Q.

Jika dark theme sudah diaktifkan, selanjutnya Anda perlu mengaktifkan opsi developer untuk memberikan izin. Caranya, kembali ke Settings -> About Phone.
Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan ‘Build Number’. Tap beberapa kali hingga muncul pesan ‘Developer Options is turned on’ penanda opsi developer diaktifkan.

Setelah Developer Options aktif, cari ‘Override force-dark’ lalu klik. Ini memastikan bahwa Anda bisa menggunakan tema gelap di dalam WhatsApp.

Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan tema gelap untuk WhatsApp di Android Q. Untuk mendapatkan pengalaman mode gelap seutuhnya, pastikan Anda menggunakan wallpaper gelap sebagai background WhatsApp.

Baca Juga:
WhatsApp Mulai Berbayar Tahun Ini

Sementara bagi pengguna perangkat iOS, akan kompetibel dengan sistem operasi iOS 11 atau lebih tinggi.

Caranya mudah, dimulai dari Settings > General > Accessibility > Display Accommodations > Invert Colours > Smart Invert.

Setelah mengaktifkan mode gelap di WhatsApp, warna background wallpaper akan tetap sama. Jadi, disarankan untuk mengganti background wallpaper yang lebih gelap untuk mendapatkan pengalaman mode gelap yang sempurna.

Recent Articles

Hadir di Indonesia, Samsung Optimis Galaxy S20+ BTS Edition Laris Manis

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy S20+ BTS Edition akan mendarat di Indonesia pada tanggal 9 Juli mendatang. Namun sejumlah pihak masih meragukan...

Data Diri Bocor, Pencuit ‘Santri Teroris’ Tuntut Telkomsel

Technologue.id, Jakarta - Data pribadi yang mencakup nama, alamat, NIK, KK, IMEI, hingga OS milik pegiat media sosial Denny Siregar bocor di...

Kominfo Minta Telkomsel Selidiki Bocornya Data Denny Siregar

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta Telkomsel melakukan penyelidikan terkait hebohnya kasus kebocoran data yang dialami Denny...

Facebook Selidiki Akun Grup Private yang Jual Jenazah Manusia

Technologue.id, Jakarta - Facebook sedang menyelidiki laporan adanya akun grup terselubung yang menjual jenazah manusia, termasuk tengkorak, jenazah janin dan bahkan mumi...

Bukan Hanya TikTok, LinkedIn Juga ‘Intip’ Clipboard di iOS

Technologue.id, Jakarta - Platform online untuk kalangan profesional, LinkedIn, terindikasi memata-matai pengguna dengan cara mengintip isi dari clipboard perangkat iOS. Tuduhan serupa...

Related Stories