WhatsApp Mulai Berbayar Tahun Ini

Technologue.id, Jakarta – Aplikasi perpesanan WhatsApp dikabarkan akan mulai menarik bayaran pada tahun 2020 ini. Menurut informasi yang beredar, jumlah yang dikenakan adalah sekitar Rp 14.000 pertahun.

Dikabarkan pula bagi pengguna yang memilih untuk tidak membayar, WhatsApp akan menampilkan iklan di WhatsApp story layaknya Instagram. Nantinya disisi bawah akan muncul ikon Swipe-up yang akan mengarah ke situs pengiklan.

Baca Juga:
Popularitas Aplikasi TikTok Lampaui Facebook

Kemungkinan lain juga terkuak dimana WhatsApp nantinya akan menyisipkan iklannya ditengah beranda percakapan. WhatsApp juga akan menampilkan katalog produk dalam format chat yang masuk.

Sebenarnya kabar ini sudah beredar sejak bulan Mei 2019 lalu, dimana 2 analis media sosial di gelaran Facebook Marketing Summit yang berlangsung di Berlin membocorkan WhatsApp sudah berencana meraup pendapatan lewat iklan.

Namun hingga memasuki tahun 2020, belum ada informasi lanjutan mengenai rencana tersebut. Bahkan muncul kabar yang mengatakan induk perusahaan WhatsApp, Facebook akan membatalkan rencana tersebut.

Dilansir dari WSJ Jumat (17/1/2020) menurut sumber yang dekat dengan permasalahan ini, WhatsApp dalam beberapa bulan terakhir sudah membubarkan tim yang akan bekerja untuk pengaplikasian iklan dalam WhatsApp ini.

Baca Juga:
Kantor Imigrasi Buka Layanan Bikin Paspor via WhatsApp

Kebijakan WhatssApp berbayar ini juga telah membuka medan pertempuran antara pendiri WhatsApp Jan Koum dan Brian Acton dengan Mark Zuckerberg. Bahkan pada akhir 2017 dan 2018 kedua pendiri WhatsApp itu hengkang dari Facebook karena kecewa dengan rencana monetisasi WhatsApp.

WhatsApp sendiri sebelumnya telah menetapkan biaya berlangganan sekitar Rp 14.000 pada 2013 lalu. Biaya tersebut akan dikenakan setelah pengguna memakai WhatsApp selama satu tahun.

Recent Articles

Hadir di Indonesia, Samsung Optimis Galaxy S20+ BTS Edition Laris Manis

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy S20+ BTS Edition akan mendarat di Indonesia pada tanggal 9 Juli mendatang. Namun sejumlah pihak masih meragukan...

Data Diri Bocor, Pencuit ‘Santri Teroris’ Tuntut Telkomsel

Technologue.id, Jakarta - Data pribadi yang mencakup nama, alamat, NIK, KK, IMEI, hingga OS milik pegiat media sosial Denny Siregar bocor di...

Kominfo Minta Telkomsel Selidiki Bocornya Data Denny Siregar

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta Telkomsel melakukan penyelidikan terkait hebohnya kasus kebocoran data yang dialami Denny...

Facebook Selidiki Akun Grup Private yang Jual Jenazah Manusia

Technologue.id, Jakarta - Facebook sedang menyelidiki laporan adanya akun grup terselubung yang menjual jenazah manusia, termasuk tengkorak, jenazah janin dan bahkan mumi...

Bukan Hanya TikTok, LinkedIn Juga ‘Intip’ Clipboard di iOS

Technologue.id, Jakarta - Platform online untuk kalangan profesional, LinkedIn, terindikasi memata-matai pengguna dengan cara mengintip isi dari clipboard perangkat iOS. Tuduhan serupa...

Related Stories