Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara Mengatasi Kerusakan Umum pada Motherboard, Bisa Dipraktikkan Sendiri
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Motherboard adalah komponen dalam komputer yang berperan sebagai penghubung utama antara satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Karena motherboard beroperasi terhubung dengan banyak perangkat maka jika terjadi kerusakan akan cukup sulit memperbaikinya.

Berikut beberapa langkah yang bisa dicoba sendiri ketika motherboard mengalami error

Baca Juga:
Cara Aman dan Preventif Melindungi Mac Anda dari Ancaman Cybercrime.

Reset UEFI/BIOS

Tindakan overlock atau kinerja yang berlebih dari BIOS bisa menimbulkan masalah pada PC. Ini dapat menyebabkan sistem tidak stabil bahkan mati total. Untuk mengatasinya, coba lakukan pengaturan ulang pada BIOS.

Caranya, tekan tombol reset BIOS di panel I/O belakang atau pada motherboard. Cara lain juga bisa dengan masuk ke BIOS kemudian tekan F5 untuk mereset BIOS ke pengaturan default pabrik.

Cara manual juga bisa dengan matikan PC, lepas panel samping lalu cabut kabel daya. Kemudian, keluarkan baterai cakram kecil melingkar di motherboard. Setelah itu, tekan dan tahan tombol daya pada PC selama 30 detik untuk menguras sisa daya baterai dari motherboard dan mengembalikannya ke pengaturan default.

Setelah itu, pasang kembali baterai, colok kabel daya, dan nyalakan ulang PC untuk melihat apakah kerusakan motherboard sudah teratasi atau belum.

Prev Next Page 1 of 3
SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat