Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara Aman dan Preventif Melindungi Mac Anda dari Ancaman  Cybercrime
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Namun, dengan meningkatnya penggunaan teknologi, risiko keamanan juga meningkat. 

Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah cybercrime. Cybercrime adalah tindakan kejahatan yang dilakukan melalui jaringan internet atau teknologi lainnya.

Mac adalah salah satu jenis komputer yang banyak digunakan saat ini. Produk keluaran Apple ini memang memiliki sistem keamanan yang baik. Meski demikian, kemungkinan risiko cybercrime juga bisa terjadi pada Mac.

Baca Juga:
Waspadai Serangan Cyber, Ini Cara Melindungi Data dan Website Bisnis Anda

Untuk mencegah terjadinya cybercrime, pastikan Anda melalukan langkah-langkah yang bakal dijelaskan dalam artikel ini.

Cara Melindungi Mac dari Ancaman Cybercrime

Artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk melindungi Mac dan data Anda yang ada di dalamnya dari ancaman cybercrime.

Update Sistem Operasi Mac Anda

Pastikan untuk selalu mengupdate sistem operasi Mac Anda. Pembaruan sistem operasi sering kali menyertakan perbaikan keamanan yang penting. Ini akan membantu menjamin bahwa sistem Anda selalu dalam kondisi terbaru dan aman.

Pakai Perangkat Lunak Antivirus

Gunakan perangkat lunak antivirus yang terpercaya dalam Mac Anda. Penggunaannya akan mendeteksi dan menghapus virus, malware, dan ancaman lainnya. Ada opsi perangkat lunak antivirus yang bisa digunakan pada Mac, seperti Avast, AVG, dan Norton.

Gunakan Sandi yang Kuat dan Unik

Pastikan untuk menggunakan sandi yang kuat dan unik. Sandi yang kuat dan unik ini akan menyulitkan peretas untuk menembus sistem Anda. Jangan gunakan sandi yang sama untuk akun yang berbeda dan ubah sandi Anda secara berkala.

Baca Juga:
Beginilah Cara FBI Jebol Keamanan TOR Browser

Hindari Mengeklik Tautan dari Sumber Tidak Terpercaya

Sebisa mungkin menghindari mengeklik pada tautan atau mengunduh berkas dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Ini adalah cara yang paling umum dilakukan peretas untuk menyebarluaskan malware. 

Simpan Informasi Penting dalam Layanan Cloud

Terakhir, jangan menyimpan informasi sensitif pada komputer Anda seperti kartu kredit, nomor paspor, dan informasi login akun. Alangkah baiknya disimpan pada perangkat penyimpanan luar atau layanan penyimpanan cloud yang aman.

Penting untuk diingat bahwa cybercrime selalu berkembang dan berubah. Oleh karena itu, terus ikuti perkembangan dan ambil tindakan preventif untuk melindungi Mac dan data Anda dari ancaman cybercrime. 

Hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan adalah mengaktifkan pengaturan privasi pada aplikasi yang digunakan, menghindari menyimpan informasi sensitif pada perangkat mobile, dan menjaga jarak dari jaringan wifi publik yang tidak aman.

Nah, itulah cara-cara untuk melindungi Mac maupun data Anda dari ancaman cybercrime. Ikuti langkah-langkah preventif di atas agar Anda terhindar dari perilaku cybercriminal yang selalu mengintai Anda.

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam